Tips Liburan ke Jakarta – Tidak terasa sudah hitungan tahun berlalu, banyak orang berdiam di rumah aja semenjak pandemi Covid-19. Tentu saja hal tersebut akan membuat banyak orang menjadi jenuh, karena akhirnya tidak bisa pergi untuk liburan.

Sembari menunggu keadaan menjadi normal kembali, mungkin Anda bisa mempersiapkan tempat liburan di Jakarta apabila pandemi telah berakhir. Agar liburan Anda bisa hemat, ada beberapa tips liburan ke Jakarta yang bisa Anda coba.

Meskipun terkadang tidak mau melihat keruwetan ibukota, namun Jakarta tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang murah dan menyenangkan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dengan modal 50 ribu pun Anda sudah bisa keliling Jakarta.

Tips Liburan ke Jakarta

Supaya liburan Anda di Jakarta tidak membuat kantong kering, Anda bisa mencoba beberapa tips liburan ke Jakarta berikut ini. Mulai dari memilih objek wisata yang tepat hingga penginapan yang murah. 

1. Membuat Perencanaan

Ilustrasi Membuat Perencanaan Liburan
Ilustrasi Membuat Perencanaan Liburan, Sumber : okezone.com

Tips pertama yaitu Anda bisa mulai menyusun itinerary yang jelas sebelum Anda menjelajah ibukota. Sebab, Jakarta merupakan salah satu kota besar dengan wilayah yang cukup luas. Tanpa ada tujuan yang jelas tentu akan membuat Anda kesulitan untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata hanya dalam waktu satu hari saja. 

Sebaiknya Anda tidak perlu ambisius untuk menjelajahi seluruh tempat wisata yang Ada di Jakarta. Anda hanya perlu menentukan satu kota di Jakarta yang akan dijelajahi. Contohnya jika Anda ingin jalan-jalan di Jakarta Pusat. Anda mulai coba mencari objek wisata atau taman dan museum yang dapat dikunjungi dengan harga tiket masuk yang terjangkau. 

Ada beberapa destinasi wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi secara gratis seperti Kota Tua dan Gedung Arsip Nasional. Anda bisa naik commuterline dan turun di Stasiun Jakarta Kota saja. Lalu, lanjut dengan berjalan kaki untuk berkeliling di sana. 

2. Memilih Objek Wisata

Selain Kota Tua, terdapat juga beberapa objek wisata yang terjangkau di ibukota, bahkan gratis. Seperti contoh taman atau museum.

Lapangan Banteng saat ini juga sudah cukup menarik untuk Anda kunjungi. Bahkan Anda tidak perlu membayar tiket alias gratis untuk bisa jalan-jalan di Lapangan Banteng. Di lokasi tersebut ada banyak spot instagramable yang bisa Anda manfaatkan. 

Di sekitaran Lapangan Banteng, Anda juga bisa mampir ke salah satu masjid yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni masjid Istiqlal. Lokasinya cukup berdekatan. 

Anda juga bisa mengunjungi beberapa museum dengan harga yang terjangkau di Jakarta, seperti Museum Fatahillah, Museum Nasional dan Museum Bank Indonesia.

3. Wisata Kuliner Khas Jakarta

Ilustrasi Kuliner Khas Jakarta
Ilustrasi Kuliner Khas Jakarta, Sumber : YoExplore

Setelah puas berkeliling Jakarta, tentu membuat perut Anda menjadi keroncong. Tips liburan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah mencari tempat makan yang jauh dari lokasi wisata. Umumnya, beberapa tempat makan di lokasi wisata harganya relatif lebih mahal.

Anda dapat mencari tempat makan khas Jakarta yang sudah direkomendasikan oleh banyak orang di media sosial atau oleh food vlogger.

Misalnya Anda bisa membuka akun ‘dari halte ke halte’ yang sering merekomendasikan kuliner khas Jakarta dengan harga terjangkau. Contohnya seperti gado-gado Bon-Bin, ketoprak Ciragil, nasi goreng kambing Kebon Sirih, hingga soto betawi H.Ma’ruf.

4. Naik Transportasi Umum

Agar lebih hemat, Anda juga bisa menggunakan moda transportasi umum. Saat ini transportasi umum di Jakarta sudah saling terintegrasi. Hal itu tentu akan memudahkan Anda apabila akan berkunjung ke sebuah tempat wisata.

Anda bisa mencoba beberapa pilihan transportasi umum seperti commuter line, TransJakarta, MRT, dan LRT. Harganya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 3000 untuk commuter line. Untuk TransJakarta, Anda hanya perlu membayar Rp 3500 untuk bisa berkeliling Jakarta seharian. 

Sebagai moda transportasi yang baru dan nyaman, Anda bisa mencoba Moda Raya Terpadu (MRT) dari Stasiun Lebak Bulus sampai Bundaran HI. Setelah sampai di Bundaran HI, Anda bisa jalan kaki ke arah Taman Menteng atau taman lainnya seperti taman Suropati. Meski jaraknya tidak dekat dari bundaran, lokasinya cukup nyaman dilalui oleh pejalan kaki. 

Anda juga bisa menggunakan moda Bus Pariwisata Jakarta yang akan mengantarkan Anda menuju berbagai destinasi wisata dan bersejarah yang ada di ibukota. Jadi, sambil menikmati liburan, Anda bisa mengenal Jakarta lebih jauh. 

5. Memilih Lokasi Penginapan

Apabila Anda berencana menginap di Jakarta selama beberapa hari, tenang saja karena ada banyak penginapan di Jakarta, mulai dari Rp100 ribu-an. 

Anda dapat menginap di hotel kapsul yang akhir-akhir ini sedang viral dan jadi favorit bagi para pelancong karena harganya yang cukup terjangkau. Walaupun hotel kapsul, namun fasilitasnya nyaman dan aman.

Anda juga dapat memanfaatkan diskon di berbagai aplikasi yang ada untuk mendapatkan kamar penginapan yang sesuai dengan budget Anda. 

6. Tips Lainnya

Ilustrasi Tips Liburan ke Jakarta
Ilustrasi Tips Liburan ke Jakarta, Sumber : kompas.com

Saat musim panas, usahakan Anda menggunakan pakaian yang relatif terang, mudah menyerap keringat, dan tidak terlalu ketat. Sebaliknya, saat musim hujan, Anda bisa menggunakan pakaian yang relatif lebih tebal namun tetap membuat Anda bebas bergerak. 

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan selalu payung lipat. Saat di tempat ramai, Anda sebisa mungkin Anda tidak menggunakan aksesoris yang terlalu mencolok. Simpan barang berharga Anda di tempat yang aman. Tas yang Anda bawa bisa diposisikan di depan, terutama saat menggunakan transportasi umum seperti KRL atau TransJakarta.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips liburan ke Jakarta yang perlu Anda ketahui. Berbekal tips tersebut, semoga Anda dapat menikmati pesona ibukota dengan biaya terjangkau. Salah satu kuncinya yaitu memaksimalkan penggunaan transportasi umum.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jakarta bersama keluarga atau rombongan, Anda juga bisa menyewa mobil elf di Arundina Trans. Semoga informasi ini bermanfaat.