Salah satu hal yang perlu anda persiapkan sebelum pergi liburan adalah memilih hotel atau penginapan untuk tempat anda beristirahat. Namun dalam memilih tempat penginapan tidak boleh sembarangan loh. Karena fungsi dari hotel adalah sebagai tempat beristirahat ketika anda lelah setelah seharian pergi berkeliling. Maka diperlukan tips memilih penginapan saat liburan yang nyaman.

Tidak perlu hotel yang mahal, hanya dengan anda merasa nyaman menginap di hotel tersebut sudah cukup. Saat ini banyak sekali hotel-hotel yang menawarkan biaya murah dengan fasilitas yang cukup komplit. Maka anda tidak perlu khawatir lagi jika akan pergi berlibur. Jika anda berasal dari Jakarta dan akan pergi berlibur ke luar kota dengan keluarga tercinta bisa menggunakan jasa sewa elf Jakarta, agar perjalanan liburan anda nyaman dan menyenangkan.

Tips memilih penginapan saat liburan, Sumber : kompasiana.com
Tips memilih penginapan saat liburan, Sumber : kompasiana.com

Cara Memilih Tempat Menginap Yang Tepat Saat Liburan

Ada beberapa tips memilih penginapan yang perlu anda ketahui agar liburan anda terasa nyaman dan menyenangkan. Liburan akan terasa lengkap ketika anda memilih tempat menginap yang benar.

1. Tentukan Budget

Hal pertama ketika anda memutuskan untuk pergi berlibur adalah menentukan atau memperkirakan bugdet yang akan anda keluarkan selama liburan. Termasuk dengan biaya penginapan untuk beberapa hari serta biaya lain-lainnya. Berikan batasan biaya maksimal yang harus anda keluarkan, misalnya saja perkirakan anda mengeluarkan budget berapa untuk menginap. Begitu pula dengan hal-hal lainnya yang ada selama anda berlibur.

Ilustrasi biaya, Sumber : digination.id
Ilustrasi biaya, Sumber : digination.id

2. Dekat Dengan Tempat Wisata

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memilih hotel atau penginapan yang lokasinya dekat dengan tempat wisata. Salah satu tujuannya agar anda menghemat waktu dalam perjalan dari hotel ke tempat wisata. Ketika anda bisa menghemat waktu perjalanan, anda dapat mengalihkan untuk mengeksplorasi tempat wisata lebih banyak.

Pastikan pula hotel yang anda tempati dekat dengan tempat-tempat strategis lainnya, misalnya saja warung makan, toko oleh-oleh, mini market, restoran, dan tempat umum lainnya. Sehingga anda tidak perlu jauh-jauh jika ada perlengkapan yang lupa anda bawa, anda bisa membelinya di mini market sekitar hotel.

Lokasi penginapan strategis, Sumber : travel.tribunnews.com
Lokasi penginapan strategis, Sumber : travel.tribunnews.com

3. Cari Diskon atau Promo

Berkaitan dengan menentukan di atas, pilihlah beberapa referensi hotel atau penginapan yang sedang mengadakan promo atau diskon. Ketika anda bisa mendapatkan promo pada penginapan maka anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari yang aslinya loh. Jadi anda harus sering-sering mengecek penyedia jasa online untuk mendapatkan promo-promo tertentu.

Ilustrasi diskon, Sumber : manado.tribunnews.com
Ilustrasi diskon, Sumber : manado.tribunnews.com

4. Melihat Review Hotel

Setelah anda mendapatkan beberapa referensi hotel yang cocok dengan anda, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengecek review dari tamu yang pernah menginap di hotel tersebut. Melihat review dari tamu yang pernah menginap di hotel tersebut penting anda ketahui. Jika review dari beberapa tamu hotel tersebut meyakinkan, maka anda tidak perlu ragu-ragu bila akan menginap di hotel tersebut.

Ilustrasi review hotel, Sumber : perkuliahanpgsd.blogspot.com
Ilustrasi review hotel, Sumber : perkuliahanpgsd.blogspot.com

5. Mengecek Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas yang memadai juga menjadi point yang perlu anda perhatikan. Apalagi jika tujuan anda berlibur ingin menghilangkan penat, fasilitas seperti kolam renang perlu anda pertimbangkan dalam memilih hotel. Carilah hotel dengan fasilitas kolam renang, spa, hingga gym. Agar liburan anda berkualitas, apalagi hotel yang dilengkapi dengan fasilitas wifi juga menjadi point yang penting.

Setelah seharian pergi berkeliling menikmati tempat wisata yang anda kunjungi, beristirahat di hotel adalah salah satu kegiatan yang perlu anda lakukan. Anda bisa pergi tidur, atau menikmati fasilitas yang tersedia di hotel tempat anda menginap.

Kolam renang hotel, Sumber : rwsentosa.com
Kolam renang hotel, Sumber : rwsentosa.com

6. Layanan Sarapan

Sebagian tamu hotel pasti menginkan layanan kamar yang sepaket dengan sarapannya. Sarapan di hotel cukup efisien untuk anda yang tidak ingin repot keluar pagi-pagi untuk mencari sarapan di luar hotel. Cukup membayar kamar sudah mendapatkan tambahan layanan free sarapan. Sarapan di hotel menjadi bagian yang tidak bisa dilewatkan untuk sebagian orang, karena melihat menu-menu yang ditawarkan setiap hotel yang berbeda-beda.

Anda bisa makan sepuasnya dengan menu yang telah disediakan, untuk kebijakan hotel dalam mempersiapkan sarapan berbeda-beda. Tetapi pada umumnya sarapan disediakan secara prasmanan dan anda bebas mengambil menu apa saja menurut selera anda.

Menu sarapan, Sumber : lifestyle.kompas.com
Menu sarapan, Sumber : lifestyle.kompas.com

7. Keamanan Hotel

Hal selanjutnya merupakan salah satu aspek yang penting anda pastikan dalam memilih penginapan, yaitu dengan memastikan bahwa keamanan hotel anda baik. Dilengkapi dengan cctv dan petugas keamanan yang berjaga di setiap sudut. Seperti yang kita tahu kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Maka dari itu melakukan tindak pencegahan merupakan hal yang perlu anda lakukan.

Dengan mengetahui kalau tempat menginap anda memiliki keamanan yang baik membuat anda merasa aman dan nyaman ketika pergi liburan. Apalagi pada saat anda menginap di hotel tersebut.

Ilustrasi keamanan hotel, Sumber : uaeusg.com
Ilustrasi keamanan hotel, Sumber : uaeusg.com

8. Bawa Barang Secukupnya

Ketika anda pergi berlibur bawalah perlengakpan secukupnya saja, jangan berlebihan. Jika anda membawa barang yang berlebihan tentu saja akan mempengaruhi space kamar anda. Kamar anda akan penuh dengan barang bawaan dan membuat tambah stress. Padahal niat anda pergi berlibur adalah untuk menghilangkan stress.

Dengan membawa barang secukupnya juga dapat mengurangi resiko barang bawaan anda tertinggal atau terselip di kamar hotel tempat anda menginap. Jika barang bawaan anda tidak berlebihan anda dapat menikmati kamar hotel dengan leluasa dan nyaman tentunya.

Barang bawaan liburan, Sumber : review.bukalapak.com
Barang bawaan liburan, Sumber : review.bukalapak.com

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memilih penginapan yang tepat untuk anda ketika akan pergi berlibur. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar rekomendasi wisata air di Jakarta atau informasi lainnya, anda dapat mengakses laman website Arundina Trans.