Berlibur atau mengunjungi jakarta untuk keperluan beberapa hari tentu membutuhkan tempat untuk bermalam. Tidak masalah jika anda memiliki dana berlebih sehingga mampu menyewa kamar hotel sesuai keinginan. Namun jika dana anda terbatas maka menemukan tempat menginap murah di Jakarta menjadi salah satu hal yang diharapkan.

Sebenarnya ada beberapa alternatif untuk menginap di Jakarta yang terjangkau, bahkan gratis. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain kenyamanan dan keamanan. Dimanakah bisa menemukan tempat menginap murah di jakarta ? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jejaring Persewaan Kamar

Jejarig penginapan berbasis aplikasi ini mulai menjamur di Indonesia. dari startup milik anak bangsa seperti Airy sampai pemain dari luar negeri seperti OYO semuanya berlomba memikat konsumen untuk menginap di hotel virtualnya. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis untuk menemukan penginapan murah yang anda sukai.

Ada beragam tarif yang biasa di tawarkan oleh penginapan berbasis aplikasi ini. Mulai dari kelas berbintang sampai non bintang. Keunggulan dari penginapan berbasis aplikasi ini adalah lokasi yang tersebar sehingga memudahkan anda untuk menjangkaunya. Selain itu anda bisa membandingkan tarif antara penginapan dari aplikasi satu dengan yang lainnya.

2. Guest House

Opsi ini bisa anda ambil ketika anda bisa menemukan unit usaha ini. Daripada hotel, menginap di guest house lebih murah berkali lipat meskipun mungkin anda akan menemukan kamar yang kecil, berbagi kamar mandi dan hal lainnya. Pilihan untuk memilih guest house memang lebih mengutamakan harga murah daripada fasilitas yang standar.

Biasanya para petualang backpacker lebih memilih penginapan model seperti ini. Anda bisa berburu kamar guest house dari internet. Bisa juga mencari informasi tersebut di grup komunitas backpacker di media sosial seperti Facebook. Yang jelas dalam memilih guest house anda harus teliti karena mereka tidak mematok standar layanan seperti halnya kamar berjejaring seperti OYO, Airy atau RedDoorz.

Tempat Menginap Murah di Jakarta
Kamar dari hotel virtual bisa dijadikan alternatif menyiasati menyewa hotel yang mahal. Sumber Unsplash

3. Home Stay

Pilihan home stay sangat cocok bagi anda yang liburannya bersama dengan keluarga. Berbeda dengan guest house yang menyewakan satu kamar. Home stay menyewakan satu rumah secara penuh. Tentu hal ini lebih murah daripada anda menyewa kamar hotel dengan ukuran besar atau menyewa beberapa kamar untuk anggota keluarga.

Selain itu keunggulan dari menyewa home stay adalah anda bisa menyewa harian atau mingguan. Karena anda menyewa satu rumah secara penuh, anda bisa merasakan suasana seperti rumah anda sendiri. Anda bisa berkumpul bersama semua anggota keluarga di ruang keluarga di malam hari ketika lelah berwisata di siang harinya.

Untuk mencari informasi dan harga dari home stay di Jakarta, anda bisa melacaknya di internet. Namun jangan mengeluh jika anda menemukan home stay yang berlokasi jauh dari keramaian atau jauh dari pusa kota. Karena itu untuk mobilitasnya anda bisa menggunakan ojek mobil atau menyewa kendaraan di jasa sewa Elf di Jakarta jika anggota keluarga yang anda bawa lebih dari 8 orang.

4. Camping Ground

Anda menyukai tantangan dan suka dengan petualangan ? Jika anda tertarik untuk sensasi menginap yang berbeda anda bisa menginap di camping ground yang ada di sekitar Jakarta. Dengan menginap di lokasi seperti ini, selain anda mendapatkan tempat menginap murah, anda sekalian berwisata alam karena camping grouund biasanya menyajikan lokasi yang bagus.

Bisa juga dengan mendirikan tenda di kawasan pantai, jika camping ground yang ada lokasinya teramat jauh dan sulit diases kendaraan umum. Yang dijadikan pertimbangan adalah segi kemananannya. Pastikan anda meminta ijin untuk berkemah jika anda mendirikan tendanya di tempat umum seperti pantai.

5. Masjid dan Kantor

Terkadang masjid bisa dijadikan tempat untuk bermalam sementara bagi para backpacker atau pnegendara jarak jauh yang kemalaman di jalan. Namun ada juga masjid yang tidak menyediakan, bahkan melarang orang untuk menginap. Akan tetapi masih banyak masjid yang tetap membuka pintunya selama 24 jam untuk di masuki.

Biasanya pengelola masjid memberikan tempat khusus untuk menginap sehingga seseorang yang mampir menginap tidak sembaranga tidur di tempat sholat. Untuk menginap di masjid Istiqlal Jakarta maka diperlukan ijin dari pengelola masjid karena untuk alasan keamanan. Memang banyak kasus pencurian yang terjadi di masjid baik pencurian property masjid maupun barang milik jamaah.

Untuk anda yang menginap di bulan Ramadhan akan mendapatkan kemudahan karena banyak sekali kaum muslim yang menginap di masjid ini bahkan hingga berminggu-minggu. Anda bisa menggunakan momen ramadhan ini untuk menginap di masjid Istiqlal. Selain mendapatkan penginapan gratis anda bisa sekalian ikut berbuka dan kajian di masjid ini.

Selain masjid, kantor ormas Islam seperti Muhammadiyah yang ada di Jakarta dan juga Yogyakarta juga menyediakan penginapan gratis untuk siapa saja menginap. Hanya saja yang di perkenankan menginap adalah yang sedang berurusan dengan keorganisasian atau dalam kondisi darurat sehingga tidak semua orang diperkenankan menginap.

Namun beberapa mahasiswa dari universitas Muhammadiyah pernah menginap di penginapan tersebut karena berbagai hal seperti mahasiswa baru yang datang dari luar kota dan tidak kunjung mendapatkan tempat kos.

Tempat Menginap Murah di Jakarta
Masjid besar biasanya memiliki tempat menginap bagi pengunjung. Sumber Unsplash

6. Jejaring Komunitas Backpacker

Tahukah anda situs Couchsurfing ? Situs tersebut adalah situs jejaring backpacker di seluruh dunia. Anda bisa mendaftar dan bergabung dengan komunitas tersebut. Jika komunikasi anda dengan pegiat backpacker di sebuah kota secara inten maka jika beruntung anda akan mendapatkan tempat untuk menginap gratis.

 Jejaring tersebut ada di selutuh dunia, jadi tidak hanya sebatas di Jakarta atau Indonesia saja. Karena itu bangun hubungan yang baik dengan pegiat backpacker lainnya. yang perlu diperhatikan adalah anda harus selalu waspada ketka menginap di rumah backpacker lainnya.  ada beberapa kasus kejahatan yang bermula dari penawaran penginapan gratis untuk menjebak korbannya.

Untuk mengetahui informasi mengenai orang yang akan anda tumpangi untuk menginap, anda bisa lihat ulasan dari backpacker lain yang pernah berhubungan dengan orang yang akan anda tumpangi untuk menginap.