Berwisata menjadi sutu aktifitas yang di lakukan rutin pada sebagian masyarakat meskipun hanya setahun sekali. Bahkan karena hanya setahun sekali, tidak jarang destinasi wisata yang dituju ada di luar kota dan memerlukan waktu tidak hanya sehari atau dua hari. Karena itulah banyak barang bawaan yang dibawa dan pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai tips membawa barang bawaan saat berwisata.

Meskipun saat ini ketika berwisata segala keperluan yang dibutuhkan bisa di beli selama perjalanan, namun tidak jarang demi penghematan barang yang di perlukan saat berwisata tersebut memang di persiapkan dan dibawa dari rumah. Maka dari situlah terkadang mendapatkan kendala dalam membawanya. Artikel mengenai tips membawa barang bawaan saat berwisata di bawah ini semoga bisa membantu permasalahan ini. Simak ulasannya dibawah ini.

Tips Membawa Barang Bawaan Saat Berwisata
Minibus bisa menjadi alternatif kendaraan wisata. Sumber autonetmagz.com

1. Bawa Sesuai Dengan Kapasitas Kendaraan

Barang bawaan yang dibawa dengan jumlah terlalu banyak dapat mempengaruhi kenyamanan mobil. Pastikan barang bawaan yang dibawa sesuai dengan kapasitas mobil. Perhatikan jarak antara spakbor dengan ban. Jangan sampai mobil terlihat ‘mendelep’ dengan bawaan yang cukup banyak. Apalagi mobil compact yang memiliki dimensi kecil. Tidak mungkin kan ya, misalkan seluruh isi dapur minimalis Anda dirumah dibawa masuk semua ke mobil? he he

Sebenarnya ketika berlibur hendaknya membawa barang yang seperlunya saja. Selain itu memilih type mobil wisata seperti mobil MPV atau minibus seperti Toyota Hiace bisa menjadi alternatif pilihan. Namun beban berat dari bawaan juga harus diperhatikan. Jika beban dari barang bawaan terlalu berat maka sebaiknya di kurangi. Tinggalkan barang-barang yang dinilai tidak penting.

2. Penataan Yang Baik

Brang yang ditata dengan baik akan menjadikan efektif dan efisien. Letakkan barang barang yang sekiranya jarang dipakai selama perjalanan jauh di bagasi bagian dalam. Untuk barang yang sering digunakan seperti seperti tissu, ponsel, dompet dan sebagainya jangan diletakkan di bagasi tetapi cukup di bawa di kabin penumpang. Anda bisa memanfaatkan tas kecil dalam membawanya.

Letakkan tas paling besar di bagian bawah bagasi. Isilah tas tersebut dengan barang bawaan yang jarang digunakan saat melakukan perjalanan seperti pakaian ganti. Setelah itu tumpuk dengan tas yang memiliki ukuran lebih kecil. Letakkan barang yang memiliki prioritas utama untuk digunakan pada kondisi tertentu seperti kotak P3K dan segitiga pengaman saat mobil berhenti di bahu jalan.

Untuk Anda yang ingin berwisata dalam waktu lama atau ke alam bebas. Adakalanya perlu membawa peralatan dapur sederhana yang ada dirumah. Pilihlah yang paling dibutuhkan saja. Seperti kompor portable, pisau lipat, telenan kayu atau yang lainnya. Jangan sampai membawa terlalu banyak barang, akan lebih baik jika sebagian beli di tempat wisata dan sekali pakai.

3. Gunakan Cargo Net

Untuk kendaraan yang tidak memiliki bagasi khusus seperti mobil sedan maka biasanya bagasi ada pada bagian belakang kabin penumpang. Hal ini seperti berbagai jenis mobil type SUV atau MPV. Karena itu untuk membawa barang pada mobil jenis ini perlu menggunakan peralatan khusus agar barang tidak mudah bergeser yakni menggunakan cargo net.

Meskipun anda sudah berhati-hati namun kecelakaan bisa saja terjadi. Ketika mobil tergulling saat melaju barang barang yang tidak diikat dengan cargo net bisa terlempar dan bisa mengenai apa saja termasuk wajah penumpang di dalam mobil. Sedangkan penumpang bisa jadi selamat karena sabuk pengaman.

4. Hadirkan Kondisi Nyaman Meskipun Membawa Barang

Seorang pengemudi apalagi dalam perjalanan yang jauh membutuhkan kenyamanan dan konsentrasi penuh pada saat mengemudikan mobil. Karena itu jangan sampai pengemudi mobil terganggu dengan barang bawaan yang ada di sampingnya. Banyaknya barang di samping pengemudi dapat mengganggu konsentrasi pengemudi terutama saat memainkan persneling.

Tips Membawa Barang Bawaan Saat Berwisata
Kendaraan wisata Hiace. Sumber kompas.com

Barang yang dibawa jika mengharuskan diletakkan di kabin penumpang maka letakkan di posisi kursi barisan kedua agar tidak mengganggu konsentrasi pengemudi. Dengan demikian bisa mengurangiresko kecelakaan mobil.

Itulah tips membawa barang bawaan saat berwisata. Dengan mengatur posisi barang secara baik maka akan menjadi efektif dan efisien dan memudahkan dalam mencari barang tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa mebaca artikel lainnya tentang tips perjalanan saat musim hujan. Terima kasih.