Indonesia merupakan negara yang emiliki tingkat kecelakaan jalan raya yang tertinggi kedua di kawasan ASEAN. Adanya volume kendaraan yang semakin meningkat, fasilitas jalan raya yang tidak standar dan perilaku pengemudi yang ugal-ugalan menjadi faktor yang mempertinggi angka kecelakaan. Karena itu pada artikel ini kami akan memberikan tips mengurangi resiko kecelakaan mobil di jalan raya.

1. Kecepatan Aman

Kendarai mobil anda dengan kecepatan aman. Artinya jangan ngebut. Beberapa negra mengeluarkan aturan bahwa kendaraan mobil hanya di bolehkan memacu kendaraannya tidak melebihi batas 50km/jam. Mungkin bagi sebagian orang kecepatan seperti itu masih dalam tahap nomal. Namun pembatasan kecepatan untuk kebaikan semua pengguna jalan bukan untuk sebagian orang saja.

Mobil yang melaju kencang, jika terjadi kecelakaan efek benturannya akan terjadi lebih keras. Selain itu penguasaan kendaraan ketika akan melakukan manuver juga terbatas. Sehingga tingkat kerusakan saat terjadi kecelakaan akan lebih parah. Karena itulah kecepatan harus dijaga. Apalagi mengguakan mobil rental, tips aman menyewa mobil rental salah satunya adalah senantiasa menjaga kecepatan aman karena mobil rental tentu mobil yang tidak familiar ketika dikendarai.

2. Kondsi Mobil

Kondisi mobil yang akn digunakan haruslah dalam kondisi bagus. Apalagi menggunakan mobil untuk perjalanan jauh seperti untuk mudik dan sebagainya. Dengan menggunakan kendaraan yang sehat selain pengemudi akan merasa nyaman, peluang untuk terjadi kecelakaan yang disebabkan disfungsi dari mobil karena kurangnya perawatan juga kecil.

Sering kali beberapa kecelakaan di Indonesia disebabkan karena kondisi mobil yang kurang baik. Entah itu adanya rem blong, karena ban sudah tipis sehingga terjadi selip, atau kehilangan kekuatan saat melewati tanjakan. Karena itulah untuk melakukan perjalanan jauh apalagi melewati jalan menanjak seperti di tempat wisata Puncak Bogor maka pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima. Sehingga perjalanan tidak mendapatkan kendala.

3. Stamina Driver

Selain kondisi mobil harus prima, stamina driver juga harus terjaga. Jika anda akan melakukan perjalanan jauh dengan mobil maka pastikan anda beristirahat dengan cukup terlebih dahulu.kondisi tubuh yang bugar, prima dan sehat akan meminimalisir kecelakaan kendaraan bermotor karena human error.

Faktor kelelahan, mengantuk dan kurangnya konsentrasi menjadi salah satu oenyebab terjadinya kecelakaan di Indonesia. Jika anda melewati jalan tol, jangan paksakan untuk berkendara secara terus menerus meskipun kondisi tol yang tidak terlalu padat. Sesekali hentikan kendaraan di restt area untuk melemaskan otot otot meskipun hanya sebentar. Istirahat lama dengan disertai tidur sebentar akan lebih baik lagi.

4. Jaga Jarak

Setiap kendaraan yang melaju di jalan raya tidak akan serta merta memperoleh momentum untuk berhenti pada saat melakukan pengereman. Ada jeda beberapa detik sebelum kendarana benar-benar berhenti. Apalagi kendaraan besar seperti type mobil wisata berupa bus besar atau kendaraan truk kontainer. Semakin berat massa suatu kendaraan maka memontum untuk berhenti saat pengereman atau karena menabrak sesuatu akan lebih lama.

Banyak kendaraan yang terlibat kecelakaan karambol atau tabrakan beruntun karena kelalaian dalam memperhatikan jarak aman antar kendaraan. Apalagi saat melaju di jalan tol. Dengan kondisi jalan yang halus dan tidak berkelok-kelok, para pengendara mobil melaju dengan kecepatan tinggi tanpa memperhatikan lagi jarak aman antar kendaraan sehingga jika terjadi kecelakaan akan berakibat fatal.

Tips mengurangi resiko kecelakaan mobil
Jalanan lengang kadang membuat pengendara mobil lalai. Sumber Unsplash

5. Perhatikan Rambu

Rambu-rambu lalu lintas berguna untuk mengatur lalu lintas dan juga memberikan informasi kepada pengguna jalan akan kondisi jalan yang dilalui. Ketika melewati jalan yang menanjak curam biasanya akan ada tanda rambu maka bersiaplah dengan gigi rendah. Jika tidak mematuhi rambu yang ada tentu akan mempersulit penguasaan kendaraan dan tentu saja perjalanan akan terganggu bahkan berbahaya.

7. Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman harus dipakai pada saat mengendarai mobil. Fungsi dari sabuk pengaman adalah ketika mobil terjadi benturan atau terguling maka penumpang tetap akan pada posisinya. Jika sabuk pengaman tidak terpasang, ketika mobil tergulinh atau terjadi benturan maka penumpang bisa terlempar keluar. Dan hal tersebut sangat membahayakannyawa penumpang bahkan bisa berakhir dengan kematian.

Itulah ulasan mengenai tips mengurangi resiko kecelakaan mobil di jalan raya. Semoga tips ini membantu anda dalam meningkatkan kewaspadaan pada saat mengendarai mobil di jalan raya. Jangan lewatkan artikel tentang kelebihan Toyota Hiace pada website ArundinaTrans ini. Terima kasih.