Dunia pariwisata di berbagai daerah di Indonesia berkembang cukup pesat. Bahkan Jakarta yang padat pun masih dijejali oleh wisatawan yang mengunjungi Jakarta dengan beragam tujuan destinasi wisata. Karena itulah tingkat mobilitas di Jakarta cukup tinggi bahkan bisa dikatakan paling tinggi di Indonesia.

Karena itulah industri transportasi di Jakarta memiliki masa depan yang cerah. Hanya saja masalah kemacetan yang merupakan masalah kronis di Jakarta harus cepat-cepat diselesaikan. Industri transportasi di Jakarta yang bisa menjadi alternatif untuk mengurangi jumlah mobil pribadi di jalanan Jakarta adalah jasa sewa mobil di Jakarta.

Jakarta yang padat menyebabkan lahan yang dimiliki tiap idividu menjadi kecil. Dengan kecilnya lahan yang tidak memungkinkan untuk di bangun garasi, maka tidak tertutup kemungkinan kedepannya masyarakat akan cenderung memilih menyewa mobil atau menggunakan transportasi publik utuk keperluan transportasinya.

Bagi anda yang yang berencana menyewa mobil untuk wisata, ada beberapa type mobil wisata yang bisa disewa. Masing masing mobil wisata ini memiliki keunggulan yang berbeda dengan lainnya.

Type mobil tersebut adalah sebagai berikut.

  • Hatchback, Citycar dan Sedan. Merupakan mobil dengan ukuran kecil dengan maksimal seat untuk 5 personil.
  • MPV (Multipurpose Vehicle). Mobil dengan seat berjumlah 8 dengan kemampuan standar.
  • SUV (Sport Utility Vehicle). Mobil seperti MPV namun memiliki power yang besar dan dirancang dengan tujuan agar dapat melaju di medan yang agak berat.
  • Minibus dan Microbus. Bus kecil dengan kapasitas maksimal mencapai 22 orang.

Pemilihan type mobil ini harus memperhatikan hal berikut ini.

Destinasi Wisata Yang Dituju

Tiap mobil memiliki perbedaan fungsi dan juga kemampuan. Mobil sekelas minibus seperti elf tentu akan berbeda dengan mobil type SUV seperti Terios dalam manuver dan powernya. Mobil type SUV memang di rancang dengan ground clearance tinggi sehingga memungkinkan unruk melintasi genangan, tanah yang tidak rata dan juga tangguh dalam tanjakan.

Destinasi yang menanjak dengan jalanan yang becek dan juga tidak rata hanya cocok dilalui dengan menggunakan kendaraan jenis SUV seperti Terios, Fortuner dan sebagainya. Karena itulah tentukan type mobil yang sesuai dengan destinasi wisata yang akan dituju. Jika destinasi wisata hanya di daerah rata dengan aspal yang bagus maka menggunakan type MPV seperti Avanza sudah cukup. Jika seatnya dirasa kurang bisa menyewa Elf.

Jumlah Personil

Jika anda berwisata hanya mengajak empat orang anggota keluarga atau teman maka menyewa mobil type hatchback masih bisa. Bagaimana jika anda berwisata beserta keluarga anda yakni istri dan anak ditambah kedua orang tua anda? Tentu harus menyewa kendaraan dengan kapasitas lebih besar. Jika personilnya lebih dari tujuh atau delapan orang maka menggunakan minibus atau microbus bisa direkomendasikan.

Di Jakarta sudah tersedia berbagai type mobil yang di sewakan. Salah satu jasa sewa mobil di Jakarta yakni ArundinaTrans menyediakan microbus type Elf yang bisa disewakan. Maka jika anda berkunjung ke Jakarta dan berniat menyewa mobil pastikan mempercayakan kepada jasa sewa Elf jakarta ArundinaTrans.

Perhatikan Kenyamanan

Dengan anggota yang banyak misalnya 10 orang, anda bisa juga menyewa dua kendaraan untuk berwisata. Tetapi hal ini menjadikan kelompok terbagi menjadi dua mobil. Maka selama pejalanan tentu akan terasa kurang seru. Agar perjalanan nyaman dan seru maka bisa direkomendasikan menggunakan kendaraan dengan seat tempat duduk yang banyak seperti Elf. Jika dengan menggunakan Elf saja dirasa kurang cukup maka bisa menggunakan Elf Long.

Isuzu Elf. Sumber tunggaksemmy.com

Barang Bawaan

Kemana anda akan berwisata? Barang bawaan apa saja yang akan anda bawa? Tentu saja perlu direncanakan. Dengan memilih type mobil wisata yang tepat maka segala bawang bawaan anda akan dapat terbawa. Carilah kendaraan dengan bagasi yang luas apabila anda membawa banyak barang dalam berwisata.

Apabila tidak memungkinkan menggunakan bagasi mobil maka bisa menggunakan tempat menaruh barang yang ada di bagian atap mobil. Pada mobil jenis tertentu ada tempat mengangkut barang di bagian atap. Anda bisa memaksimalkan bagian ini dalam membawa barang.

Dari berbagai macam jenis mobil untuk membawa barang bawaan diatas, tipe mana yang menjadi favorit Anda? Tentu jawabannya akan berbeda-beda. Kami dari Arundinatrans mengucapkan banyak terimakasih sudah bersedia menyimak hingga akhir.