Indonesia merupakan pasar yang bagus dalam penjualan berbagai merk mobil keluaran jepang dan negeri lainnya seperti Eropa dan Amerika Serikat. Bahkan saat ini India, Malaysia dan Tiongkok memulai ekspansinya ke Indonesia. Dengan adanya berbagai varian bentuk dan juga spesifikasi, anda bisa memilih mobil type apa saja untuk keperluan anda. Salah satu kegiatan yang tidak lepas dengan kendaraan mobil adalah kendaraan wisata. Ada dua type mobil wisata populer yakni Isuzu Elf dan Toyota Hiace. Pilih Isuzu Elf atau Toyota Hiace ?

Dua jenis mobil dengan pabrikan merk berbeda ini memang yang populer di jadikan kendaraan wisata. Meskipun keduanya merupakan pabrikan Jepang dan berada dalam satu naungan perusahaan pendistribusian Astra, tetapi asing-masing memiliki keunggulan. Maka jika anda ingin menyewa kendaraan Toyota Hiace atau Isuzu Elf di jasa sewa Elf Jakarta anda bisa membaca ulasan referensi berikut ini.

Pilih Isuzu Elf atau Toyota Hiace
Toyota Hiace. Sumber kompas.com

1. Bentuk dan Dimensi

Kelebihan Toyota Hiace adalah memiliki bentuk yang lebih futuristik. Apalagi dengan mobil Toyota Hiace keluaran baru. Sedangkan mobil Isuzu Elf akan terlihat memiliki model yang monoton, hanya berbentuk kotak, yang semakin menandakan kalau mobil elf ini mobil angkutan barang.

Jika bicara soal kapasitas, Isuzu Elf lebih unggul. Isuzu Elf Sort Sasis memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 16 orang seperti halnya Toyota Hiace dan untuk Isuzu Elf Long Sasis memiliki kapasitas sebanyak 20 orang, sehingga akan menghemat biaya sewa. Sedangkan untuk Toyota Hiace tidak ada model long sasis.

Antara Isuzu Elf dengan Toyota Hiace sama-sama memiliki bagasi yang standar. Sehingga pandai-pandailah mengatur barang bawaan anda. Anda bisa membaca tips membawa barang bawaan saat berwisata pada rtikel di website ini.

2. Kenyamanan

Suspensi yang digunakan Toyota Hiace sudah mengadopsi suspensi per keong yang dijamin lebih empuk ketika melintasi jalan yang tidak mulus. Untuk Isuzu Elf masih mengadopsi sistem per daun yang dipastikan lebih terasa keras ketika melewati jalanan yang tidak mulus. Dari hal ini terlihat perbedaan menco;ok dari kedua type kendaraan tersebut.

Untuk masalah AC, Toyota Hiace memiliki standar pabrikan untuk sistem pendinginnya. Sementara pada mobil Isuzu Elf belum ada standard pabrikan, maka lebih sering ditemukan masalah pada AC Elf karena AC pada Isuzu Elf merupakan tambahan yang biasanya di modifikasi sendiri.

3. Bahan Bakar Mobil

Pada jalanan yang menanjak mobil Elf lebih irit dibandingkan dengan Toyota Hiace. Tentu saja hal ini sesuai dengan jargon Isuzu yaitu rajanya diesel. Sedangkan pada jalanan lurus mobil Toyota Hiace lebih irit dibandingkan dengan mobil Isuzu Elf. Sedangkan dari segi power, semua sudah paham bahwa segala jenis kendaraan dengan mesin diesel memiliki tenaga yang maksimal dan lebih besar dari pada kendaraan bensin.

Pilih Isuzu Elf atau Toyota Hiace
Isuzu Elf

4. Tarif Sewa Mobil

Perbandingan kapasitas penumpangnya yang berbeda antara Toyota Hiace dengan Isuzu Elf dengan sasis long. Jika harga sewanya dibagi dengan jumlah penumpang, maka sewa Isuzu Elf sasis long akan lebih murah dibadingkan dengan Toyota Hiace. Namun untuk mobil dengan kapasitas yang sama, harga antara sewa Toyota Hiace dengan Isuzu Elf tidak terpaut jauh.

Harga sewa suatu kendaraan, terutama kendaraan wisata tentunya berubah-ubah. Hal ini mengacu pada tahun produksi kendaraan, high season atau tidak, dan juga faktor lain seperti kenaikan BBM secara mendadak. Karena itulah untuk memesan kendaraan harus mempertimbangkan berbagai hal agar lebih bijak.

Itulah ulasan mengenai pemilihan kendaraan wisata. Pilih Isuzu Elf atau Toyota Hiace? Semua akan kembali kepada selera masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang tips perjalanan saat musim hujan. Terima kasih.