Perkembangan pariwisata ternyata mampu memberikan pengaruh kepada bermunculannya unit usaha baru yang memiliki hubungan dengan sektor wisata. Salah satu yang muncul seiring dengan perkembangan wisata adalah munculnya unit usaha persewaan mobil wisata di berbagai kota tujuan wisata termasuk ibukota Jakarta.

Peluang Usaha Sewa Mobil Wisata

Mobil Wisata
Kendaraan tour wisata dengan nilai sejarah dan seni. Sumber Unsplash

Wisatawan yang mengunjungi suatu kota tujuan wisata, biasanya akan berkeliling ke berbagai destinasi wisata di kota tersebut. Karena itulah sebenarnya penyediaan kendaraan wisata menjadi salah satu peluang usaha yang bisa dipilih. Kendaraan wisata bisa berupa persewaan kendaraan wisata jarak jauh yang mengutamakan kapasitas penumpang. Seperti jasa sewa Elf Jakarta yang banyak menyediakan kendaraan minibus, atau MPV yang memiliki kapasitas penumpang besar.

Bisa juga dengan menyewakan kendaraan tour wisata dalam kota jarak pendek yang lebih mengedepankan nilai  seni atau sejarah seperti tour wisata kota tua Jakarta, sehingga kendaraan sewa yang disediakan adalah justru kendaraan tua. Seperti yang sudah dirintis di Bali, ada pengusaha rental kendaraan wisata yang menggunakan VW Safari untuk menjalankan bisnis tour wisata di Bali.

Ketentuan Mobil WIsata

Karena bisnis persewaan mobil wisata berkaitan dengan kenyamanan, kemananan dan pengalaman pelanggan, maka untuk membuka usaha persewaan kendaraan wisata perlu memperhatikan hal berikut ini dalam penyediaan kendaraannya.

1. Jenis Mobil Yang Digunakan

Mobil wisata yang disewakan untuk kegiatan wisata bisa bermacam jenis. Namun tidak semua kendaraan yang tersedia cocok untuk di gunakan. Biasanya kendaraan wisata yang disewakan rata-rata hanya mengejar kapasitas penumpang yang banyak. Karena itulah kebanyakan kendaraan wisata yang digunakan adalah kendaraan berjenis minibus seperti Isuzu Elf atau Toyota Hiace.

Sebenarnya kendaraan wisata bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan. Beberapa kota tujuan wisata di luar negeri justru malah menyewakan kendaraan mobil wisata yang sudah tua dan terlihat klasik. Berbagai mobil kleuaran eropa seperti VW dengan berbagai varian produknya bisa dijadikan referensi untuk di jadikan kendaraan wisata.

Biasanya kendaraan wisata yang menggunaakan mobil klasik digunakan untuk tour wisata jarak dekat, seperti tour di dalam kota. Dengan menggunakan kendaraan klasik, para wisatawan yang menyewa kendaraan wisata akan lebih merasa senang. Sentuhan seni yang ada sanggup menarik minat wisatawan untuk menyewa kendaraan wisata seperti ini meskipun menggunakan kendaraan tua.

2. Keamanan Mobil WIsata

Untuk menjamin keamanan dari mobil wisata maka kendaraan tersebut bisa dipasang beberapa fitur pengaman yang bisa ditambahkan. Mobil bisa mengganti sabuk pengaman dengan yang baru, memastikan fungsi rem berjalan dengan baik, kondisi ban apakah batikannya cukup tebal, dan kondisi suspensi.

Meskipun hanya digunakan sebagai kendaraan tour dalam kota atau jarak dekat, kondisi kendaraan secara keseluruhan harus benar-benar baik. Selain bisa membuat nyaman siapa saja yang memakainya, kendaraan yang normal dan sehat akan memberikan nilai ekonomis lebih tinggi, artinya tarif sewa kendaraan bisa lebih tinggi. 

3. Fitur Pelengkap

Untuk memberikan rasa nyaman berkendara, kendaraan wisata perlu diberi fitur pelengkap di bawah ini.

GPS

GPS atau Global Positioning System diperlukan bagi mobil wisata yang disewakan. Kendati yang disewakan adalah mobil tua, sebaiknya tetap disediakan seperangkat GPS pada mobil tersebut. Tidak semua penyewa mobil yang akan melakukan perjalanan wisata mengetahui seluk beluk kota tujuan wisata.

GPS akan mempermudah penyewa mobil untuk mengetahui jalan yang harus dilalui. Selain itu GPS juga mampu mendongkrak tarif sewa mobil wisata. Karena itulah, ketika membangun kendaraan untuk tour wisata, sebaiknya memang untuk menambah kenyamanan perlu ditambah perangkat GPS.

Audio Mobil

Audio mobil menjadi salah satu fitur yang penting untuk dipasang di kendaraan wisata. Dengan audio mobil penyewa mobil akan merasa nyaman selama berkendara. Sebagian besar pengemudi mobil ketika mulai jengah dengan aktivitas mengemudikn mobil biasanya mengalihkan rasa bosannya dengan memainkan musik.

Berbagai macam audio mobil bisa anda jadikan referensi. Mulai dari harga yang mahal dan berkualitas, sampai dengan harga yang terjangkau. Untukhasil yang bagus,anda bisa mempercayakan instalasi audio mobil kendaraan wisata anda kepada bengkel khusus yang menangani audio mobil.

AC

Berkendara dengan kendaraan wisata akan terasa tidak nyaman jika kendaraan tidak memiliki pendingin ruangan atau kabin. Kabin yang terasa panas akan menjadikan pengendara kendaraan tentu tidak betah. Karena itulah AC seperti hal yang memang mutlak dibutuhkan pada kendaraan wisata.

Untuk kendaraan bertahun produksi tua terkadang belum dilengkapi fitur ini, atau memiliki kendala di pendingin ruangan. Kendaraan tua sebenarnya masih bisa dipasangi AC kustom, jika pada keluaran pabrikannya belum dilengkapi AC. Namun perlu diperhatikan juga kemampuan kendaraan, apakah kendaraan mampu mengagkat daya AC atau tidak.

Mobil Wisata
Kendaraan wisata minibus. Sumber kompas

Promosi dan Pemasaran

Dalam pemasarannya, anda bisa menggunakan media sosial,  membangun website, dan melakukan optimasi. Perkembangan teknologi informasi yang masif memang memaksa anda untuk bergerak lebih cepat dari biasanya. Banyaknya calon pelanggan yang mencari informasi di dunia internet melalui gadget menjadikan peluang bisnis ini ada di dunia maya.

Website bisa dijadikan media penghubung antara pelanggan dengan pemilik usaha. Selain itu berbagai informasi perusahaan, promo, dan informasi lain yang dibutuhkan oleh pelanggan seperti tips sewa mobil bisa di tampilkan di website. Sedangkan optimasi memungkinkan website anda bisa berada di posisi teratas ketika pelanggan melakukan pencarian jasa persewaan mobil wisata di internet.

Jika di dunia maya berbagai perusahaan sewa kendaraan wisata sudah bermunculan, dan itu mennadakan anda memiliki banyak saingan, maka anda bisa menawarkan hal yang berbeda, seperti menyasar pada pelanggan yang menginginkan kendaraan rua untuk disewa. Dengan demikian anda tidak terlalu pusing dengan saingan anda dalam bisnis yang sama.