Sebuah merk pabrikan mobil asal Jepang yakni Isuzu, sudah malang melintang memasarkan berbagai produknya di Indonesia. Sebagai brand yang unggul dalam produksi kendaraan diesel, tentu Isuzu dikenal sebagai produsen kendaraan angkutan seperti truk atau bus. Dari kedua jenis tersebut yang paling populer tentu saja Isuzu jenis mikrobus, karena sering digunakan sebagai mobil rental dan mobil travel. Type yang paling populer adalah Isuzu Elf long sasis ataupun yang standar.

Isuzu Elf Long
Prnampilan luar Isuzu Elf. Sumber isuzu-online.com

Isuzu Elf Long Sasis

Kelebihan mikrobus denga badan panjang ini adalah memiliki kapasitas penumpang yang banyak dan menggunakan mesin diesel yang tangguh serta irit. Karena itulah produk Isuzu laris di dunia usaha terutama usaha transportasi penumpang seperti jasa rental atau travel dan juga pengangkutan barang seperti usaha ekspedisi.

Harga dari Isuzu Elf long sasis juga cukup terjangkau dan sebanding dengan kualitas, kapasitas serta performa yang ditawarkannya. Dengan mengusung mesin diesel maka perfotmanya menjadi powerfull dan bisa diandalkan untuk melewati berbagai medan jalan, baik jalan menanjak ataupun jalan raya yang landai. Selain itu kabin yang luas menjadikan penumpang lega dan memungkinkan untuk membawa barang bawaan saat berwisata atau agenda lain dengan menggunakan Isuzu Elf.

Dibangun Oleh Karoseri Lokal

Industri karoseri Indonesia yang muncul sejak 1970-an saat ini mulai maju dan berkembang. Selain bertambah banyak dengan bermunculannya perusahaan karoseri baru, produk karoseri asal Indonesia juga sudah merambah pasar ekspor.

Keberadaan industri karoseri di Inodnesia bermula ketika pabrikan mobil, bus, dan truk di Indonesia belum memiliki pabrik perakitan sendiri di Indonesia, solusinya adalah mereka menggandeng industri karoseri lokal dalam menghasilkan produk utuh yang siap dipasarkan.

Industri karoseri bus berlomba-lomba menghasilkan produk berkualitas dengan desain semenarik mungkin yang dibutuhkan sesuai selera pasar. Selain karoseri bus besar, mikrobus seperti Isuzu Elf yang berukuran lebih kecil dan desain menawan adalah hasul karya karoseri lokal dalam negeri yang mungkin kalah populer dibandingkan dengan karoseri bus besar.

Rekayasa Bentuk Yang Berbeda

Pembentukan badan mikrobus Isuzu sangat berbeda dengan pembangunan badan bus besar pada industri karoseri di Indonesia. Membangun bodi bus besar dimulai dari sebuah sasis utuh kosongan (tanpa kepala) yang sedari awal memang diperuntukkan khusus untuk dibangun sebuah bodi bus, sehingga pada karoseri bus akan menghasilkan bentuk bus yang beranekaragam meskipun mesin dan sasisnya sejenis.

Sedangkan pada Isuzu Elf long sasis maupun yang standar, dari awal desain sasisnya satu platform dengan truk Isuzu Elf. Karena itu pada mikrobus Elf dan truk Elf memiliki ‘kepala’ yang sama. Pabrikan kendaraan Jepang lainnya seperti Mitsubishi, Hino, dan Toyota dalam menghasilkan sebuah produk mikrobus juga bekerjasama dengan industri karoseri lokal dalam proses pembuatannya.

Harga dan Spesifikasi Isuzu Long Sasis

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa dalam membuat bodi Isuzu Elf long sasis dan standar bekerja sama dengan karoseri lokal. Karena karoseri yang mengerjakannya tidak hanya satu perusahaan maka bentuk dari masing-masing memiliki perbedaan meskipun pada bagian ‘kepala’ memiliki bentuk yang sama. Selain itu harga dan fitur yang ditawarkan juga akan berbeda. Berikut ini sepsifikasi dan harga Isuzu Elf long sasis yang bisa kami sampaikan.

1. ISUZU ELF NLR 55 B LX – Microbus Long Chassis 

Harga Rp. 311.200.000

Harga diatas adalah produk berupa sasis belum termasuk karoseri, artinya belum ada bentuk bodi kendaraan mikrobus. Jika anda membeli produk ini, anda bisa mempercayakan pengerjaan bodi kendaraan pada perusahaan karoseri lokal yang produknya sudah tidak diragukan lagi.

2. ISUZU ELF MICROBUS NEW ARMADA (IAMI) 20 SEAT     

Harga Rp. 453.700.000 ( AC )       

Harga diatas adalah harga Isuzu Elf long sasis yang dikeluarkan termasuk bodi yang dibuat oleh perusahaan karoseri New Armada.Spesifikasi yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

  • Ac Duchting
  • Reclining Seat
  •  Safety Belt
  • Colokan USB / Charger
  • Tabung Pemadam / Pemecah Kaca
  • Radio CD MP3 AUX

3. ISUZU ELF MICROBUS KAROSERI KARYA TUGAS PARAMITRA (20 SEAT)  

Harga Rp. 422.600.000 ( Non AC )

Harga diatas adalah harga Isuzu Elf long sasis yang dikeluarkan termasuk bodi yang dibuat oleh perusahaan karoseri Karya Tugas Paramitra. Spesifikasi yang ditawarkan lebih rendah dari type diatasnya namun hargayang dibandrol  juga lebih murah. Spesifikasi yang ditawarkan

  • Non Ac Duchting ( optional )
  • Non Reclining Seat
  • Radio CD MP3 AUX

Sebenarnya masih banyak perusahaan karoseri yang melakukan pembuatan dan perakitan bodi Isuzu Elf baik yang versi long maupu versi standar. Beberapa fitur dan juga desain bentuknya juga berbeda. Namun kami hanya memberikan produk dari dua perusahaan kroseri ternama hanya sekedar sebagai gambaran untuk anda.       

Mesin

Untuk mesin produk ini menggunakan mesin dengan spesifikasi yang sama meskipun dibangun oleh perusahaan karoseri yang berbeda. Yang membedakan adalah fitur yang ditambahkan pada saat pembangunan bodi mikrobus. Berikut ini spesifikasi mesin dari Isuzu Elf long sasis.

  • Model/Tipe4JB1-TC    
  • Sistem injeksi bahan bakarDirect Injection 4 Cylinders, VE, Turbo Intercooler, OHV          
  • Isi silinder2,771 (cc)
  • Tenaga maksimum100 / 3,400    (PS/rpm)
  • Torsi maksimum 22.5 / 2,000 – 3,200         (Kgm/rpm)
  • Garis tengah x langkah  93 x 102                (mm)
  • Radius Putar7.4 (m)
Isuzu Elf Long
interior Isuzu Elf. Sumber isuzumobil.com

Itulah ulasan mengenai harga dan produk Isuzu Elf long sasis yang laris di pasaran. Jika anda memiliki usaha rental kendaraan roda empat, ada baiknya untuk menambahkan nilai investasi anda dengan membeli kendaraan jenis ini. Demikian juga bagi anda yang memiliki keperluan untuk menyewa kendaraan jenis ini bisa mempercayakannya kepada penyedia jasa sewa Elf Jakarta yaitu ArundinaTrans. Terima kasih.