Ternyata kendaraan yang melegenda di Indoensia dan menjadi rujukan bagi perusahaan angkutan adalah Mitsubishi L300. Meskipun kendaraan yang dirilis pada tahun 1980-an silam ini sebagian besar merupakan berbentuk pick up namun Mitsubishi L300 minibus tetap tersedia meskipun jarang ada yang memilikinya. Mitsubishi L300 menjadi legenda dalam hal kendaraan angkutan.

Nama internasional dari Mitsubishi L300 dikenal sebagai Delica dan sempat berlaga di ajang balap bergengsi. Beberapa tahun lalu Mitsubishi merilis Delica sebagai sebuah MPV premium untuk segmen menengah atas meskipun L300 juga tetap dijual sebagai kendaraan niaga.  Ada dua varian kendaraan Mitsubishi L300 ketika dirilis, yakni berbahan bakar solar dan bensin. Namun varian bensin sudah tidak mudah ditemukan karena masyarakat lebih menyukai versi solar.

Mitsubishi L300 Minibus
Seri pick up L 300. Sumber Carvaganza.com

Sejarah Mitsubishi L300

Di tahun 1981, Mitsubishi mengeluarkan produk L300 dengan mengadopsi mesin bensin kapasitas 1.4 Liter. Kemudian di tahun 1984, Mitsubishi melakukan perubahan di sektor mesin dan menyediakan versi solar. Pda saat itu produk yang dikeluarkan adalah versi bensin 1.6 Liter inline-4, dan mesin 2.3 dan 2.5 Liter Inline-4 untuk bahan bakar solar.

Karena mesin bensin terbilang boros, maka seri diesel lebih laku daripada seri bensin. L300 bermesin 2.3 liter diesel digemari masyarakat dan biasanya digunakan sebagai kendaraan angkut barang. Sedangkan varian mesin diesel 2.5 hadir sebagai upgrade versi 2.3 liter, namun sempat dijual bersamaan antara keduanya.

Varian bensin 1,6 liter berkode 4G32 Saturn sebenarnya masih bertahan sampai tahun 2000-an, namun hanya berupa pelengkap saja karena pasar lebih menghendaki mesin diesel. L300 bermesin diesel 4D56 Astron bahkan terus bertahan hingga sekarang. Keunggukan mesin ini mudah diperbaiki, dan juga sudah terbukti tangguh.

Mitsubishi L300 Minibus

Karoseri di Indonesia sudah dikenal mampu merakit kendaraan baik bus dan minibus. Termasuk salah satunya adalah Mitsubishi L300 minibus. L300 versi minibus memiliki konfigurasi kursi 4 baris dengan muatan 3 penumpang dewasa. Tangki bahan bakar berkapasitas 47 liter baik pada seri minibus maupun pick up . Mitsubishi L300 minibus memiliki dimensi panjang 4.195 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.820 mm.

Keunggulan Mitsubishi L300 minibus dan seri pick up adalah memiliki tenaga yang handal untuk melibas tanjakan. Tenaga yang selalu terisi di putaran bawah hingga putaran tinggi menjadikan kendaraan memiliki power. Kelebihan lainnya, pengereman L300 sudah menggunakan cakram berventilasi di bagian depan. Rem teromol masih dipakai untuk roda belakang.

Sejak 2007, L300 mendapat fitur power steering yang membuat pengemudi tidak perlu susah payah memutar setir. Karena itulah L300 yang memiliki fitur power steering nyaman digunakan untuk mengemudi jarak jauh.

Eksterior Mitsubishi L300 Minibus

Mungkin inilah yang menjadi kekurangan Mitsubishi L300. Penampilan L300 masih saja memiliki bentuk klasik khas mobil 80-an. Pada versi terakhir, terdapat aksen modern dengan motif garis dan segitiga seperti grille Mitsubishi terkini, namun tetap saja terlihat tidak meninggalkan kesan aslinya. Bentuk kepalanya masih tetap kotak, tidak ada banyak perubahan kecuali lampu belakang.

L300 sebenarnya sudah mengalami 5 kali ‘evolusi’ dengan perubahan pada lampu depan.Pada bagian kabin terlihat luas karena memang mobil ini mengutamakan kelegaan pada kabin. Tongkat perpindahan gigi L300 masih tetap di balik setir seperti mobil lawas. Namun meskipun memiliki bentuk yang jadul, jangan tanyakan kemampuannya dalam mengangkut barang. Mitsubishi L300 sering dipakai untuk memuat barang hingga overload, dan tidak ada masalah pada kaki kakinya.

Interior Mitsubishi L300 Minibus

Sama halnya dengan eksteriornya, interior Mitsubioshi L300 minibus dan juga pick up tidak banyak berubah dari tahun ke tahun. Minibus ini hanya mengandalkan dimensi yang lega, namun fitur sederhana. Mitsubishi telah menyematkan AC Double Blower, reclining seat untuk tiap kursi, dan head unit untuk memutar cd/mp3 player.

Untuk memudahkan dalam menyimpan barang, pihak karoseri biasanya membuatkan pintu belakang.  Jika dibandingkan dengan minibus merk pabrikan lain seperti Isuzu Elf atau Toyota Hiace tentu dalam hal penyimpanan barang mobil dengan kabin tinggi lebih mudah dalam mengorganisir barangnya.

Kelemahan Mitsubishi L300

Karena memiliki tenaga yang tidak diragukan lagi tentu kendaraan ini memiliki konsumsi solar yang cukup banyak. Apalagi jika digunakan untuk menanjak atau membawa muatan yang banyak. Meskipun begitu konsumsi bahan bakar ini masih dalam taraf wajar pada mobil yang memuat barang.

Kini L300 hanya tersisa varian diesel dan tidak melanjutkan produksi mesin bensin. Seperti halnya tipikal kendaraan diesel banyak kelemahan yang di dapatkan seperti akselerasi kurang begitu bagus, getaran yang dihasilkan oleh mesin diesel lebih besar dan suaranya mesin biasanya lebih kasar daripada kendaraan dengan mesin bensin.

Penggunaan Mitsubishi L300

Pada seri pick up Mitsubishi L300 umumnya digunakan untuk angkutan distribusi barang. Sedangkan untuk Mitsubishi L300 minibus digunakan untuk antar jemput penumpang dan travel antar kota. Mobil ini jadi favorit karena dimensinya yang pas, tidak terlalu besar tapi juga tidak kekecilan. Sehingga sangat cocok untuk usaha travel ekonomis.

Mitsubishi L300 Minibus
Produk baru namun bentuk jadul L300. Sumber Youtube.Com

Untuk versi Mitsubishi L300 minibus kabinnya cukup lega untuk bisa memuat 10 – 12 orang penumpang. Namun jika ditambah dengan space barang maka kapasitas penumpang akan turun. Biasanya untuk mengakalinya pihak perusahaan angkutan akan membuat tempat menaruh barang di bagian atap.

Itulah ulasan mengenai Mitsubishi L300 minibus yang keberadaannya sangat membantu masyarakat dalam transportasi. ArundinaTrans.Com meskipun dikenal sebagai perusahaan jasa sewa Elf jakarta, namun senantiasa menyediakan varian kendaraan lainnya apabila konsumen menginginkannya, termasuk menyediakan Mitsubishi L300 minibus. Semoga ulasan dari kami bermanfaat. Terima kasih.