Hujan merupakan kondisi yang terkadang menjadikan perjalanan anda terganggu. Meskipun begitu perjalanan tidak harus ditunda karena hujan. Bahkan dengan kondisi jalanan yang banjir pun anda masih bisa melanjutkan perjalanan dengan trik khusus. Pada artikel kali ini ArundinaTrans akan mengulas mengenai tips perjalanan saat musim hujan yang bisa anda jadikan referensi saat perjalanan pada musim hujan.

Ground Clearance Kendaraan

Ground clearance adalah jarak antara tanah dan bagian bawah mobil. Semakin tinggi ukuran ground clearance maka semakin aman mobil dari kemacetan saat melewati genangan. Akan tetapi kelemahan dari mobil yang memiliki ground clearance adalah kurang nyaman ketika melewati jalan dengan kcepatan tinggi, bahkan bisa berbahaya ketika belok dengan kecepatan tinggi.

Namun mobil type ini seperti type mobil wisata petualang model SUV atau offroad sanggup menerobos genangan dengan aman. Saat ini telah tersedia mobil dengan ground clearance tinggi type SUV dari berbagai pabrikan mobil baik mobil Jepang, Eropa, Amerika bahkan mobil China. Anda hanya perlu memilih jenis mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial dan selera anda.

Hindari Genangan

Genangan air jika memasuki bagian mesin akan menyebabkan macet pada beberapa jenis kendaraan. Meskipun ada kendaraan jenis tertentu meskipun tidak memiliki ground clearance yang tinggi mampu menembus genangan air dengan lancar tidak terjadi mogok. Hal ini dikarenakan intake manifold pada kendaraan tersebut tergolong tinggi. Ada beberapa produk dari Suxuki yang mengadopsi model ini seperti Suzuki APV.

Akan tetapi lebih amannya memang tidak perlu menerobos genangan yang sekiranya tidak aman. Selain memiliki peluang untuk menyebabkan kemacetan pada kendaraan anda. Genangan air hujan yang masuk di bagian kolong mobil mampu menimbulkan korosi pada bagian bawah mobil jika tidak segera di bersihkan dengan membilas dengan air bersih.

Oh ya, tips yang kami sampaikan ini untuk kendaraan ya. Adapun untuk faktor pribadi Anda, upayakan melakukan perjalanan dalam kondisi fit. Semisal sedang sakit meriang, ada baiknya tunda dahulu. Cobalah penyembuhan baik secara medis, ataupun yang lain seperti bekam, herbal dan sebagainya.

Ban Dalam Kodisi Baik

Kodisi jalanan yang licin mengharuskan memperhatikan ban kendaraan anda. Beberapa kasus kecelakaan di jalan raya diakibatkan karena adanya ban yang selip. Ban yang tidak layak memiliki potensi selip lebih besar tentunya. Selain selip ban yang sudah tipis rentan terjadi kecocoran atau ban meletus. Namun untuk ban meletus di kondisi cuaca yang hujan jarang terjadi.

Cengkeraman ban yang tidak kuat juga menjadikan kendaraan kurang bertenaga. Apalagi pada kondisi jalanan tanah berair dan posisi menanjak. Dan kondisi ini terkadang mobil meskipun roda berputar namun ban tidak mampu mencengkeram tanah yang berair. Selain melihat kondisi ban, kondisi jalanan juga harus disesuaikan dengan ban dan type mobil. Hal inilah yang merupakan salah satu tips mengurangi resiko kecelakaan.

Tersedia Lampu Kabut

Hujan yang turun dengan intensitas tinggi terkadang sangat mengganggu pandangan saat berkendara. Karena itulah sangat di butuhkan lampu yang mampu menembus hujan. Biasanya pada mobil telah tersedia lampu kabut yang mampu menembus hujan. Pastikan lampu kabut tersebut benar-benar berfungsi dengan baik.

Selain membantu pengihatan di kala hujan deras atau kondisi berkabut, lampu kabut ersebut memiliki fungsi penanda bagi kendaraan yang ada di depannya yang berlawanan arah. Dengan menyalakan lampu kabut, kendaraan yang melaju berlawanan arah dengan anda akan mengetahui keberadaan anda sehingga kendaraan yang berlawanan arah tersebut bisa mengurangi kcepatannya atau paling tidak pengemudinya menjadi lebih fokus.

Jaga Kecepatan dan Jarak Dengan Kendaraan Lain

 tips perjalanan saat musim hujan
Aspal yang basah bisa membahayakan pengendara kendaraan. Sumber Unsplash

Kondisi jalanan yang berair karena hujan menjadikan momentum kendaraan berhenti saat di rem menjadi lebih lama. Bahkan ketika kendaraan sudah direm dengan rem yang pakem pun terkadang kendaraan masih melaju dengan suara berdecit karena gesekan antara aspal berair dan juga karet ban. Jika ini terjadi maka tetu akan mengagetkan banyak pengguna jalan.

Hal yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain. Selain itu laju kendaraan harus di kontrol. Tidak perlu memacu dengan kecepatan tinggi karena sangat berbahaya. Dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain setidaknya ketika mengharuskan menginjak rem maka kita akan mendapatkan momentum berhenti dengan tepat dan tidak menabrak kendaraan di depannya.

Itulah ulasan mengenai tips perjalanan saat musim hujan yang semoga bermanfaat. Anda bisa menyebarkan konten ini pada akun sosial media anda jika dirasa bermanfaat. Dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang kelebihan Toyota Hiace pada website ArundinaTrans. Terima kasih.