Banyaknya varian kendaraan yang di produksi di Indonesia memanjakan para pengguna kendaraan roda empat untuk memilih jenis kendaraan yang diinginkannya. Namun untuk jenis mobil MPV diesel masih jarang di produksi di Indonesia. Hanya beberapa varian yang memproduksi MPV dengan mesin diesel.

Soal efisiensi, mobil bermesin diesel memang lebih unggul daripada mesin bensin. Namun, pilihan merek mobil yang bermesin diesel di Indonesia tidak terlalu banyak dibandingkan mobil bermesin bensin. Jika anda memutuskan untuk membeli mobil MPV diesel maka anda aperlu memperhatikan banyak hal.

Ada Apa Dengan Mobil MPV Diesel ?

Mobil MPV Diesel
Innova diesel. Sumber Kaskus

MPV adalah salah satu jenis kendaraan yang laris di pasaran. Jenis kendaraan yang nyaman untuk perjalanan jauh ini memang memiliki kabin yang luas sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai kendaraan keluarga. Selain itu ada pertimbangan yang lain yang menjadikan MPV menjadi pilihan keluarga Indonesia.

Seperti harga yang terjangkau, bentuknya yang futuristik dan terkesan mewah, dan mungkin banyaknya fitur yang terpasang di kendaraan. Namun saat ini sebagian besar mobil jenis MPV yang di pasarkan di Indonesia menggunakan mesin dengan bahan bajar bensin. Kemungkinan masyarakat Indonesia lebih terbiasa merawat kendaraan dengan bahan bakar bensin.

Padahal mobil MPV diesel sangat bisa diandalkan untuk perjalanan wisata. Seperti Chevrolet Spin yang mengadopsi mesin diesel berkekuatan 1.3l dengan turbocharger, sehingga mobil ini memiliki tenaga berlimpah dari putaran mesin rendah (torsi 190/1750nm/rpm). Namun meskipun begitu penjualannya tidak selancar MPV bensin.

Mobil MPV diesel

Beberapa rodusen kendaraan mobil di Indonesia mmemproduksi mobil MPV diesel meskipun produknya hanya terbatas pada varian tertentu. Bagi anda yang lebih menyukai mesin diesel daripada mesin bensin, maka beberapa produk mobil MPV diesel ini mungkin bisa menjadi referensi.

1. Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova adalah MPV yang pertama kali diproduksi pada 2004. Namun sebenarnya varian dengan nama Kijang sendiri sudah lama beredar di Indonesia dan medapatkan antusiasme yang tinggi di masyarakat. Saat ini Toyota Kijang mulai memperhitungkan pangsa pasar bagi masyarakat yang lebih menyukai mesin diesel.

Hal ini dengan adanya varian yang menggunakan mesin diesel. Kijang Innova dengan spesifikasi 2KD-FTV D4-D common rail variable geometry turbocharger mampu menghasilkan tenaga 102 Tk. Varian mobil termahal dengan mesin diesel dari Kijang dipegang oleh Tipe V transmisi otomatis. Dengan adanya varian diesel tentu akan memberikan pilihan yang lebih luas bagi loyalis varian Kijang.

2. Chevrolet Spin

Chevrolet Spin yang mulai diproduksi tahun 2012 ini dinobatkan sebagai Best Fuel Consumption oleh AutoBild Indonesia dan Car of the Year Indonesia 2014. Mobil MPV diesel dengan lima pintu ini menyediakan kapasitas mesin 1,3 liter.  Seperti mobil bermesin diesel lainnya, mobil ini pun irit bahan bakar dan terbukti dengan diraihnya penghargaan untuk kategori tersebut.

Performa mesin yang kuat dan handling yang mantap menjadikan nilai jual yang tinggi. Kendaraan ini menggunakan type bodi monocoque yang dibalut baja lebih tebal. Suspensi mcpherson independen pada bagian depan dan semi independen torsion beam pada bagian belakang menjadikan kendaraan ini nyaman.

Ac yang sudah terintegrasi dengan atap akan mendinginkan penumpang yang berada di kabin sehingga perjalanan menjadi nyaman. Dengan bagasi yang luas anda bisa lebih mudah mengorganisir barang bawaan saat melakukan perjalanan. Fitur bluetooth dapat dikoneksikan dengan smartphone dan adanya tombol kendali telepon pada kemudi memudahkan untuk mengontrol smartphone anda.

3. Hyundai H-1

Pada salah satu variannya mobil ini menawarkan mesin dengan bahan bakar diesel 2,5 liter CRDi yang hasilkan tenaga 171 Tk. Meskipun memiliki bentuk yang cenderung kaku Hyundai H-1 justru mampu menunjukan kelincahan. Performa mesin diesel 2.500cc dengan teknologi VGT yang dikombinasikan dengan turbo membuat H-1 mampu menangapi setiap respon baik diputaran rendah maupun atas.

Meskipun memiliki bentuk yang besar, namun mobil MPV diesel ini belum memiliki sistem suspensi yang bagus. Suspensi masih tergolong keras di kelasnya. Selain itu jka dibandingkan dengan mobil sejenis di kelasnya mobl besutan negeri pada oppa ini masih terbilang boros dalam konsumsi bahan bakar.

Kendaraan Wisata

Dengan menggunakan bahan bakar diesel, selain lebih dapat menghemat pengeluaran, sudah terbukti bahwa mesin dengan bahan bakar diesel lebih memiliki tenaga dan tangguh daripada kendaraan yang menggunakan bensin. Karena itu untuk di jadikan kendaraan wisata yang beroperasi di segaa medan akan sangat cocok.

Mobil MPV Diesel
Chevrolet spin. Sumber Wikipedia

Karena itulah kendaraan yang sering digunakan untuk angkutan manusia seperti Isuzu Elf atau Toyota Hiace menggunakan mesindengan bahan bakar diesel. Meskipun menggunakan bahan bakar diesel, mesin kendaraan terbaru saat ini tidak mengeluarkan gas buang yang hitam pekat sebagaimana mesin diesel kendaraan jaman dulu.

Kelemahan kendaraan dengan mesin diesel lainnya adalah perawatannya yang lebih ribet daripada kendaraan bensin. Karena itu bagi anda yang ngin memiliki mobil MPV diesel harus benar-benar mengetahui cara merawat kendaraan diesel.

Demikian ulasan mengenai mobil MPV diesel untuk perjalanan wisata. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda. Anda bisa mendapatkan kendaraan sewaan jenis MPV diesel hanya di ArundinaTrans yang merupakan perusahaan sewa Elf Jakarta. ArundinaTrans juga menyediakan bermacam-macam varian dan type kendaraan untuk di sewa.