Mobil memiliki dua macam model persneling, yaitu otomatis dan juga manual. Biasanya, mobil manual memiliki tiga pedal berurutan dari kiri ke kanan yakni pedal kopling, rem dan pedal gas. Untuk anda yang baru belajar mengemudi mobil manual tentu harus mengetahui fungsi dari masing-masing pedal. Karena itu mengemudi jarak jauh untuk pemula atau yang baru belajar mengendarai mobil tidak disarankan.

Pedal gas dan pedal rem semua sudah tahu kegunaannya. Namun pedal kopling adalah salah satu hal yang membuat mengemudi mobil manual lebih sulit daripada mobil dengan transmisi otomatis. Kopling pada dasarnya adalah dua pelat logam yang menghubungkan mesin ke roda penggerak. Jadi dengan menekan pedal kopling, anda akan memutuskan hubungan mesin dari roda.

Belajar Mengendarai Mobil Manual Praktis

Langkah untuk mengemudikan mobil manual sebenarnya sederhana saja. Hanya saja kelancaran dalam mengemudikan berkaitan dengan jam terbang yang sudah di lakukan. Semakin sering anda mengemudi mobil manual maka anda akan semakin terbiasa dengan langkah-langkahnya. Inilah langkah mengemudi mobil manual.

Belajar Mengemudi Mobil Manual
Mengemudi mobil manual lebih sulit daripada otomatis. Sumber Unsplash
  1. Pastikan anda memasang sabuk pengaman ketika sudah duduk di kursi kemudi.
  2. Masukkan kunci ke dalam kontak dan putar sepenuhnya hingga mesin menyala
  3. Turunkan pedal kopling dengan cara menginjaknya.
  4. Pindahkan tongkat persneling ke persneling gigi pertama.
  5. Gunakan kaki kanan untuk menekan pedal gas secara perlahan untuk meningkatkan putaran mesin sedikit.
  6. Angkat perlahan pedal kopling menggunakan kaki kiri hingga mobil mulai bergetar pelan. Getaran ini dikenal sebagai titik gigitan. Di sinilah pelat kopling mulai menyatu sehingga roda  bergerak.
  7. Lepaskan rem tangan dan mobil akan mulai bergerak perlahan
  8. Tingkatkan putaran dengan menekan pedal gas lebih dalam sambil perlahan angkat kaki anda dari kopling. Anda melaju ke depan hanya dengan menggunakan pedal gas saja.

jika anda terlalu cepat mengangkat kaki dari kopling, atau tidak memberikan putaran yang cukup pada saat menekan pedal gas, mobil akan macet. Jika anda berhenti maka anda harus menginjak rem, matikan mesin, kembalikan tongkat persneling ke netral.

Masalah Kerusakan Kopling Transmisi Manual

Semakin sering anda mengemudikan mobil manual maka anda akan terbiasa dengan kopling mobil dan memiliki pemahaman yang baik tentang di mana titik gigitannya. Selain itu anda akan mengetahui berapa dalam anda menginjak pedal gas sehingga anda mendapatkan putaran yang diperlukan untuk bergerak.

Semakin lama anda akan memiliki perasaan ‘hubungan alami’ dengan mobil anda dengan banyak melakukan latihan. Namun, jika anda tidak berhati-hati, kopling akan mudah rusak sebelum waktunya. Hal ini berkaitan dengan penggunaannya. Anda akan sering mengganti kampas kopling ketika menggunakan kopling dengan tepat.

Inilah beberapa tips agar kopling anda lebih awet dengan penggunaan yang benar.

  • Jangan gunakan kopling untuk menahan mobil di perbukitan atau merayap ke depan di persimpangan. Biasanya gaya setengah kopling seperti ini diberlakukan karena memang lebih mudah. Hndari hal seperti ini dan mulalah memainkan pedal gas dan rem tangan anda.
  • Jika anda menunggu lampu merah di persimpangan, sebaiknya jangan menahannya dengan menggunakan kopling. Anda sebaiknya menetralkan gigi persneling anda. Dengan menekan kopling agar ketika lampu hijau menyala mobil bisa langsung bergerak akan menyebabkan kopling ekas mengalami aus.
  • Jangan menekan pedal kopling saat anda berhenti. Ketika anda memutuskan berhenti maka gunakan rem tangan, dan gunakan kopling hanya saat anda siap melepaskannya.
  • Dengan seringnya menekan kopling di kondisi yang tidak memerlukan menjadikan anda memberikan banyak tekanan pada bantalan pelepas kopling, yang bisa cepat aus jika anda melakukannya secara sering.
  • Sesuaikan antara kecepatan dengan tingkatan persneling yang digunakan. Jika anda mengemudikannya dengan kecepatan rendah maka pakailah gigi transmisi rendah. Begitu juga sebaliknya.

Jumlah Gigi Persneling Transmisi Manual

Kendaraan keluaran lama dengan transmisi manual biasanya hanya memiliki empat gigi. Jumlah tingkat percepatan persneling ini tentu membuat lebih mudah dikendarai daripada mobil-mobil masa kini. Akan tetapi karena mobil keluaran lama tidak memiliki gearbox synchromesh maka dalam melakukan praktik mengemudi akan lebih sulit.

Transmisi pada kendaraan keluaran lama juga lebih tdak nyaman ketika melakukan perpindahan gigi. Karena pada saat pemindahan menggunakan tongkat persneling terkadang menemui kesulitan dalam menemukan roda gigi. Saat ini, kebanyakan mobil memiliki setidaknya lima roda gigi atau lima percepatan, meskipun enam roda gigi juga semakin umum digunakan.

Persneling dengan gigi tinggi memungkinkan mesin dapat bekerja lebih cepat daripada kecepatan gerak selama melaju di jalan raya, hal ini tentu saja membantu mengurangi konsumsi bahan bakar. Sedangkan untuk transmisi manual tujuh kecepatan jarang di temukan pada mobil konvensional. Namun anda masih bisa menemukannya pada supercar seperti Porsche 911 dan Chevrolet Corvette.

Kelebihan Transmisi Manual

Belajar Mengemudi Mobil Manual
Persneling mobil. Sumber Unsplash

Meskipun belajar mengendarai mobil manual lebih sulit daripada mengendarai mobil otomatis, namun ada beberapa kelebihan kendaraan dengan transmisi manual yang menjadkan kendaraan manual lebih dipilih oleh sebagian orang.

  • Kendaaraan transmisi manual umumnya lebih murah untuk dibeli dan lebih hemat dalam bahan bakar daripada otomatis.
  • Dengan menggunakan transmisi manual, pengemudi lebih bisa megontrol ekuatan kendaraan.
  • Dalam melakukan gerakan tiba-tiba seperti saat menyalip kendaraan lainnya kendaraan transmisi manual lebih bisa diandalkan daripada kendaraan otomatis.
  • Dengan transmisi manual, anda dapat memilih gigi yang lebih tinggi untuk meningkatkan torsi mesin, atau memperlambat dengan menggunakan gigi daripada rem ketika melewati turunan.

Itulah langkah praktis belajar mengemudikan mobil manual yang bisa kami sampaikan. Anda bisa melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil manual ketika sudah benar-benar menguasainya. jika belum menguasainya, anda bisa menyewa kendaraan dan sopir terlebih dahulu untuk perjalanan jauh anda. ArundinaTrans yang merupakan penyedia jasa sewa Elf di Jakarta dan sekitarnya menyediakan sopir yang handal dan berpengalaman.