Tips mengemudi jarak jauh ini sangat penting diperhatikan bagi anda yang akan melakukan perjalanan jauh. Suatu perjalanan jauh dengan mobil, apalagi bagi anda yang belum pernah melakukannya. Karena itulah ArundinaTrans.com penyedia jasa sewa Elf di Jakarta memberikan anda tips penting sebelum anda memulai perjalanannya. Inilah ulasannya :

1. Perencanaan

Tips mengemudi jarak jauh ini adalah tips yang terpenting. Karena anda akan melakukan perjalanan yang jauh, perencanaan sangat dibutuhkan. Perencanaan ke depan termasuk mencari tahu dimana anda akan berhenti di sepanjang jalan dan menjadwalkan waktu tidur. Jika perjalanan anda akan ditempuh selama beberapa hari, anda harus merencanakan untuk menginap di hotel atau tempat lainnya.

Tip Mengemudi Jarak Jauh
Mengemudi jarak jauh sangat melelahkan sehingga memerlukan kecakapan khusus. Sumber Unsplash

2. Tidur Yang Cukup

Hal terburuk dalam perjalanan jauh adalah merasa lelah sehingga konsentrasi menjadi buyar. Tidur yang cukup pada malam sebelum keberangkatan akan memastikan perjalanan anda menjadi lebih aman. Ini adalah salah satu tip mengemudi jarak jauh yang perlu anda ingat, karena bisa jadi anda akan singgah di beberapa tempat untuk tidur.

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa jika seseorang terjaga selama 20 jam, maka akan terjadi gangguan seperti gangguan orang yang yang mabuk minuman keras. Hal inilah yang menjadikan perjalanan jauh menjadi berbahaya jika kurang tidur. Karena itu untuk menghindarinya, pastikan anda tidur dengan cukup sehingga ketika terbangun badan benar-benar dalam kondisi bugar.

3. Hindari Dehidrasi

Mengkonusmsi kopi selamaperjalanan jauh adalah hal yang wajar. Memang kafein bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Akan tetapi sebenarnya anda bisa terancam dehidrasi jika anda hanya minum kopi saja. Air purih adalah minuman terbaik untuk kesehataan anda saat mengemudi jarak jauh.

Inilah sebabnya mengapa penting juga untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup sehingga anda dapat terhindar dari kelelahan karena disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih. Jumlah air yang disarankan per hari untuk wanita adalah lebih dari dua liter dan sekitar tiga liter untuk pria. Karena itu bagi anda yang duduk di kursi kemudi, pastikan minum air putih yang cukup.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Pastikan makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan anda adalah makanan yang tidak menimbulkan masalah kedepannya. Karbohidrat dan gula, seperti yang ditemukan dalam minuman ringan bergula atau permen, memang dapat memberi dorongan energi untuk sementara waktu, akan tetapi ini tidak bertahan lama.

Lonjakan insulin yang tiba-tiba karena adanya asupan gula berlebihan di dalam tubuh dapat menimbulkan kelelahan di jalan. Hindari masalah kelebihan karbohidrat ini dengan makan camilan sehat, seperti sayur dan buah. Tahanlah untuk tidak makan makanan yang menimbulkan lonjakan insulin tiba-tiba, sampai anda benar0benar menyelesaikan perjalanan jauh anda.

5. Beristirahat

Istirahat secara teratur adalah salah satu tip mengemudi jarak jauh terpenting bagi seorang driver. Anda perlu istirahat rutin untuk menjaga energi anda dan membantu anda tetap waspada saat mengemudi. Selain itu dengan beristirahat anda bisa meluangkan waktu untuk membuka  chat WhatsApp dan sebagainya.

6. Dokumentasikan Perjalanan

Saat dalam perjalanan jauh dengan mobil, mendokumentasikan perjalanan anda bisa sangat berguna di kemudian hari. Anda akan selalu mengingat perjalanan yang berkesan ketika anda melihat dokumentasi tersebut. Tentu momen indah saat perjalanan perlu diabadikan agar sesuatu yang berharga tersebut tida lekas hilang di ingatan, dan dengan mendokumentasikannya anda bisa membagikan kegiatan wisata ini kepada orang lain.

Anda bisa mengabadikan aktiftas anda di Instagram atau media sosial lainnya. Bisa juga dengan membuat semacam jurnal perjalanan bergaya buku harian klasik. Membeli suvenir dari setiap tempat menarik yang anda kunjungi, atau merekam video di setiap perhentian, dan mengeditnya bersama dalam sebuah montase yang bagus bisa anda lakukan untuk dokumentasinya.

7. Jangan Lewatkan Sesuatu Yang Menarik

Ketika melewati suatu tempat dan menemukan hal yang menarik, maka jangan ragu untk berhenti dan menikmatinya, baik itu pemandangan yang indah, kejadian unik dan sebagainya. Momen ini mungkin diluar apa yang telah direncanakan, akan tetapi dengan melewatkan momen tersebut bisa jadi anda akan menyesal di kemudian hari. Jangan terpaku pada jadwal yang telah ditentukan, akan tetapi jangan pula melewati batas toleransi dari rencana yang dibuat. Buatlah jadwal yang tidak kaku.

8. Temani Perjalanan Dengan Musik

Adakalanya musik menjadi sesuatu yang membosankan jika anda sering mendengarnya. Namun ketika rasa penat dan bosan melanda anda selama perjalanan jauh, musik menjadi sangat berarti. Usir rasa bosan anda selama mengemudi dengan mendengarkan musik dan berdendang. Agar tidak membosankan, anda bisa menyiapkan daftar putar yang banyak koleksi di drive anda.

Yang perlu diperhatikan adalah, putar musik dengan volume yang normal, agar andamasih bisa mendengar suara dari luar kendaraan seperti suara sirine atau klakson kendaraan lainnya. Sadarilah bahwa anda memutar musik yang didengarkan di dalam kabin kendaraan, bukan di sebuah klub malam yang gaduh.

9. Gunakan Navigasi

Karena rute yang anda ambil adalah rute panjang yang melelahkan, dan terkadang membingungkan, maka sebaiknya anda menggunakan perangkat navigasi untuk memandu perjalanan anda. Perangkat navigasi seperti GPS pada kendaraan akan membantu anda melewati rute yang benar-benar direkomendasikan, sehingga kecil kemungkinan untuk tersesat.

10. Buat Anggaran

Anggaran harsunya sudah dipersiapkan sebelum anda melakukan perjalanan jauh. Dengan anggaran, anda bisa mengatur keuangan anda dengan bijak selama perjalanan. Inilah beberapa pos anggaran yang harus diperhatikan :

  • Biaya sewa mobil atau biaya perawatan mobil.
  • Bahan bakar.
  • Akomodasi termasuk parkir
  • Makanan Minuman
  • Anggaran Kegiatan
  • Biaya lain tak terduga

11. Carilah Akomodasi Yang Sesuai

Untuk kenyamanan perjalanan anda, anda bisa melakukan pemesanan penginapan sebelum anda sampai lokasi jika ada anggaran untuk itu. Manfaat aplikasi pemesanan online. Untuk menghemat pengeluaran anda bisa berburu diskon di aplikasi. Atau cari pilihan harga yang termurah dengan membandingkan di setiap peginapan. Opsi lain agar menghemat pengeluaran lebih ketat lagi adalah dengan menginap di rest area.

12. Pastikan Menyiapkan Kendaraan dan Dokumen

Meskipun anda menganggap mobil anda tidak bermasalah karena setiap hari dipakai dan memang tidak ditemukan masalah, namun sebaiknya anda mengecek kondisi kendaraan anda sebelum anda memakainya untuk perjalanan jauh. Tips mengemudi jarak jauh pada poin nii sangat penting karena berkaitan dengan keselamatan anda berkendara.

Dokumen perjalanan seperti kartu identitas, SIM surat kepemilikan kendaraan dan surat lain yang diperlukan termasuk surat keterangan negatif rapid tes jika diperlukan, harus dipersiapkan. Apalagi saat ini ketika pemeriksaan di setiap kota menjadi ketat karena adanya pandemi, maka dokumen lengkap perlu dipersiapkan.

13. Sediakan Kit Darurat

Pastikan kendaraan yang dipakai tidak bermasalah. Sumber Unsplash

Selama perjalanan jauh tentu semua orang menginginkan keselamatan dan tidak terjadi hal yang negatif. Namun semua takdir yang nantinya dialami tidak diketahui sebelumnya. Karena itu agar menggurangi resiko atau paling tidak menyiapkan hal yang diperlukan jika terjadi kedaruratan, seperti kendaraan mogok atau kecelakaan.

Siapkanlah kit darurat seperti kotak P3K atau kotak perkakas untuk perbaikan. Tambaha lainnya adalah senter dan segitiga pengaman. Anda sebaiknya membaca tips membawa barang bawaan saat berwisata agar dalam penataan barang, termasuk kit darurat menempati posisi yang benar.