Tidak terasa sudah 1 tahun lamanya pandemi covid-19 masuk ke Indonesia, dan menghambat segala aktivitas masyarakat. Apalagi untuk anda yang sudah merencanakan ingin mengambil cuti untuk liburan bersama keluarga harus menahannya untuk sementara waktu. Banyak orang yang khawatir untuk liburan saat pandemi seperti ini walaupun sudah mulai di perbolehkan untuk liburan dengan syarat mengikuti protokol kesehatan.

Pekerjaan yang menumpuk dan melelahkan yang anda alami bisa membuat anda stress, maka dari itu menjernihkan pikiran dengan pergi berlibur bersama orang terkasih adalah pilihan untuk menyegarkan pikiran anda. Namun bagaimana jika anda pergi liburan pada saat musim pandemi seperti ini? Tidak perlu khawatir, yang paling penting dan utama adalah anda harus mematuhi protokol kesehatan menurut anjuran pemerintah.

Ilustrasi liburan saat pandemi, Sumber : lifestyle.kompas.com
Ilustrasi liburan saat pandemi, Sumber : lifestyle.kompas.com

Tips Liburan Pada Saat Pandemi

Ada hal yang perlu anda perhatikan dan persiapkan saat akan pergi liburan saat pandemi, yang telah kami rangkumkan di bawah ini.

1. Pemilihan Transportasi

Untuk mengurangi resiko terpaparnya virus covid-19, alangkah lebih di sarankan anda berlibur bersama anggota keluarga anda saja. Pilihlah moda transportasi pribadi seperti menyewa jasa sewa elf jakarta jika anda berdomisili di Jakarta. Menggunakan transportasi pribadi dapat mengurangi anda dan keluarga anda terkena virus covid-19 karena anda tidak menggunakan transportasi umum yang bercampur dengan orang yang tidak anda kenal.

Anda dan keluarga juga bisa lebih leluasa dan merasa nyaman jika memilih transportasi pribadi untuk transportasi yang anda gunakan liburan bersama keluarga. Anda tidak perlu sungkan jika harus sering berhenti di rest area atau sebagainya. Serta anda juga tahu siapa saja anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan tersebut.

Namun jika terpaksa menggunakan transportasi umum maka anda harus memilih dan mencari informasi mengenai armada transportasi yang menggunakan protokol kesehatan secara ketat. Tujuannya agar anda beserta keluarga anda tetap aman dan nyaman dengan meminimalisir terkena virus covid-19 karena harus bercampur dengan orang lain.

Menggunakan transportasi pribadi, Sumber : doktersehat.com
Menggunakan transportasi pribadi, Sumber : doktersehat.com

2. Pastikan Kondisi Badan Sehat

Pastika kondisi anda dan keluarga anda yang akan berlibur dalam kondisi yang sehat sehingga anda beserta keluarga dapat pergi liburan dengan aman, namun jika ada yang memiliki kondisi yang kurang sehat atau tidak fit sebaiknya anda harus menunda keberangkatan anda sampai seluruh anggota yang ikut liburan dinyatakan sehat.

Karena ketika kondisi anda kurang sehat maka resiko terpapar virus covid-19 pada saat perjalanan atau saat liburan dapat meningkat. Maka dari itu penting sekali untuk anda dan keluarga memeriksakan kondisi kesehatan sebelum liburan serta dinyatakan negatif dari covid-19 demi keamanan seluruh anggota keluarga serta orang sekitar yang mungkin bertemu anda saat liburan.

Pengecekan suhu badan, Sumber : mediaindonesia.com
Pengecekan suhu badan, Sumber : mediaindonesia.com

3. Membawa Peralatan Pribadi

Untuk melakukan perjalanan wisata pada saatc pandemi penting sekali untuk membawa peralatan pribadi masing-masing. Agar mengurangi tertularnya virus covid-19 antar keluarga atau yang lainnya. Misalnya saja anda di sarankan untuk membawa alat ibadah masing-masing dan tidak memakainya secara bergantian.

Selain itu anda dan keluarga di anjurkan membawa peralatan makan sendiri, jika anda mampir di rest area atau warung untuk makan resiko tertularnya virus tersebut akan tinggi karena alat makan di letakkan di area terbuka. Jadi agar lebih amannya anda dan keluarga membawa alat makan sendiri.

Alat makan pribadi, Sumber : shopee.co.id
Alat makan pribadi, Sumber : shopee.co.id

4. Pilihlah Destinasi Wisata Terbuka

Pemilihan destinasi wisata untuk liburan anda juga penting. Di sarankan anda memilih destinasi wisata yang terbuka misalnya saja pantai. Namun anda juga harus memastikan bahwa pantai yang akan anda kunjungi tersebut tergolong sepi dan tidak ramai di kunjungi orang. Dengan memilih destinasi wisata terbuka akan membantu mengurangi resiko anmda terpapar virus covid-19.

Tujuan memilih tempat wisata yang sepi dan tidak ramai pengunjung adalah untuk mengikuti anjuran pemerintah mengenai protol kesehatan salah satunya jaga jarak. Jika tempat wisata tersebut sepi maka anda dan keluarga tidak harus berdesak-desakan dengan orang lain, dan akan merasa aman.

Wisata pantai, Sumber : tribunnews.com
Wisata pantai, Sumber : tribunnews.com

5. Menggunakan Masker

Hal yang paling penting adalah menggunakan masker dimana pun anda berada. Jangan melepasnya baik itu di dalam transportasi pribadi anda. Karena masker adalah salah satu cara untuk mencegah penularan virus. Anda dapat melepas masker pada saat akan makan tetapi tetap harus jaga jarak ya.

Untuk melepas masker juga tidak boleh sembarangan, karena masih banyak orang yang dalam penggunaan masker salah pengaplikasiannya. Banyak masyarakat yang melepas masker ke dagu, hal tersebut tidak di sarankan karena area dalam masker akan tidak steril lagi jika sudah menempel di dagu. Lepas secara menyeluruh masker yang anda gunakan, kemudian simpanlah dengan baik dan benar.

Memakai masker, Sumber : rri.co.id
Memakai masker, Sumber : rri.co.id

6. Jangan Menyentuh Bagian Muka Sembarangan

Bagian muka atau wajah anda adalah bagian tersensitif yang dapat meningkatkan tertularnya covid-19. Cuci tanganlah sesering mungkin menggunakan sabun dengan air mengalir. Jika tidak memungkinkan mencuci tangan pada saat berada di jalan, maka bawalah handsanitizer atau siapkan tissu yang mengandung handsanitizer.

Cucilah tangan menggunakan sabun atau gunakanlah handsanitizer sebelum anda menyentuh bagian wajah anda. Hal tersebut dapat mengurangi resiko anda terkena virus covid-19. Serta jangan sembarangan menyentuh barang-barang orang lain ya, jika memang terlanjur maka langsung gunakan handsanitizer atau mencuci tangan.

Mencuci tangan dengan sabun, Sumber : lifebuoy.co.id
Mencuci tangan dengan sabun, Sumber : lifebuoy.co.id

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips liburan pada saat pandemi, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin pergi liburan pada saat pandemi. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar rekomendasi tempat menginap murah di Jakarta atau informasi meraik lainnya dengan mengakses laman website Arundina Trans.