Tol Trans Jawa merupakan mega proyek yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sejak Desember 2018 lalu. Tol ini telah berhasil merampungkan rute dari Merak hingga Pasuruan sebagai fase I. Disebut juga sebagai tol terpanjang yang menghubungkan ujung timur hingga ujung barat pulau Jawa. Rest area terbaik Tol Trans Jawa juga hadir untuk melengkapi perjalanan panjang anda ini.

Nyatanya dengan adanya tol ini dapat memangkas waktu anda untuk cepat sampai ke tempat tujuan. Tol ini memiliki panjang sekitar 1.150 km dari Merak hingga Banyuwangi. Jika biasanya anda menghabiskan waktu 14 jam untuk sampai di Surabaya dari Jakarta, beda halnya bila anda menggunakan jalur Tol Trans Jawa anda hanya akan memakan waktu tempuh sekitar 10 jam saja untuk sampai di Surabaya. Cukup efisien waktu bukan?

Untuk sebagian orang mengatakan bahwa tarif tol ini terbilang mahal, namun jika anda pergi bersama keluarga dengan menggunakan jasa sewa elf Jakarta akan terasa lebih terjangkau. Karena anda bisa iuran dengan anggota keluarga yang lain untuk memangkas tarif tol yang berkisar 500 ribuan tersebut dari Merak hingga Pasuruan.

Gambar dari tol trans jawa, Sumber : seva.id
Gambar dari tol trans jawa, Sumber : seva.id

Saat melewati Tol Trans Jawa ini, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dari hamparan pegunungan yang terbentang di sepanjang jalan. Rasa lelah perjalanan anda akan terbayarkan dengan keindahan yang akan anda temui saat perjalanan.

Jangan khawatir anda akan kelelahan saat melewati tol ini, karena Tol Trans Jawa menyediakan 61 rest area untuk anda. Istirahat merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri jika saat berkendara, anda perlu menyediakan waktu untuk beristirahat sejenak ketika melakukan perjalanan panjang. Istirahat tidak hanya diperlukan bagi pengemudi saja namun juga penting bagi penumpang, tujuannya agar meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Rekomendasi Rest Area Sepanjang Tol Trans Jawa

Saat berkendara melewati tol sudah mulai terasa lelah maka anda harus segera berhenti ke pemberhentian untuk beristirahat sejenak. Tujuannya diharapkan setelah beristirahat badan kembali bugar dan siap untuk melanjutkan perjalanan. Berikut rekomendasi dari rest area terbaik tol trans jawa yang telah Arundina Trans rangkumkan untuk anda.

1. Tol Jatingaleh – Krapyak (Rest Area KM 5)

Rest area ini berlokasi di sekitaran pusat kota Semarang dan terletak di arah menuju Jakarta. dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai seperti toilet, masjid serta pusat oleh-oleh telah tersedia di rest area ini. Salah satu hal yang menjadikan rest area ini populer ialah bangunannya luas sehingga dapat dengan leluasa beristirahat.

Gerbang tol Jatingaleh, Sumber : monitor.co.id
Gerbang tol Jatingaleh, Sumber : monitor.co.id

2. Tol Cikampek (Rest Area KM 57)

Rest area ini terletak di dekat gerbang masuk ke Tol Cikampek. Ketika anda lupa mengisi bensin di saat padatnya kendaraan yang juga melewati tol ini, tentu saja akan menyebabkan kemacetan. Namun anda tidak perlu khawatir kehabisan bensin karena di rest area ini menyediakan fasilitas yang lengkap seperti SPBU, masjid, toilet, restoran, hingga parkiran. Salah satu hal yang membuat rest area ini menjadi favorit pengunjung adalah lahan parkirannya yang luas.

Gerbang tol Cikampek, Sumber : liputan6.com
Gerbang tol Cikampek, Sumber : liputan6.com

3. Tol Semarang – Bawen (Rest Area KM 429)

Berikutnya ada Rest Area KM 429 Tol Semarang-Bawen yang berlokasi di Kabupaten Ungaran. Terdapat pemandangan dari pegunungan yang bisa anda nikmati ketika berada di pemberhentian ini. Pemandangan yang indah ini dapat membantu pikiran anda lebih rileks dan cepat menghilangkan rasa lelah yang anda rasakan. Yang menjadikan rest area ini menarik ialah terdapat taman bermain anak, yang bisa anak anda gunakan untuk bermain sejenak.

Rest area KM 429, Sumber : youtube.com
Rest area KM 429, Sumber : youtube.com

4. Tol Purbaleunyi (Rest Area 97)

Rest area ini berada di KM 97 Tol Purbaleunyi yang mengarah ke Jakarta. Biasanya ketika musim mudik lebaran tiba akan diberlakukan sistem one way atau satu jalan, sehingga pemudik bisa dengan mudak memasuk rest area tersebut. Dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti masjid, toilet, restoran, SPBU serta parkiran luas. Hal tersebutlah yang menjadi rest area ini cukup diminati pengunjung sebagai tempat untuk beristirahat.

Sepanjang jalan tol purbaleunyi, Sumber : properti.kompas.com
Sepanjang jalan tol purbaleunyi, Sumber : properti.kompas.com

5. Tol Purbaleunyi (Rest Area Km 88)

Masih berada di kawasan yang sama yaitu Tol Purbaleunyi, jika tadi di KM 97 rest area kali ini berada di KM 88. Yang membuat rest area ini populer adalah masjidnya, yaitu Masjid Al Safar yang merupakan masjid terbesar yang terletak di seluruh rest area KM 88 Tol Purbaleunyi. Didesain langsung oleh Ridwan Kamil ini menjadikan masjid ini memiliki daya tarik tersendiri. Masjid ini memiliki desain eksterior dan interior yang sangat unik dan futuristik.

Masjid Al Safar, Sumber : bisnis.tempo.co
Masjid Al Safar, Sumber : bisnis.tempo.co

6. Tol Palimanan – Kanci (Rest Area KM 207A)

Salah satu rest area yang menjadi favorit pengunjung yang melewati Tol Palimanan – Kanci terletak di rest area KM 207 A. Rest area favorit ini berlokasi di area mengarah ke Brebes, Jawa Tengah. Saat sedang padat-padatnya rest area ini akan diberi jalur masing-masing untuk mengisi bensin, menuju toilet, maupun tempat makan agar tidak terjadi antrian panjang. Ketersediaan bahan bakar juga terjamin, yang telah menyediakan lebih dari 2 juta liter BBM berbagai jenis.

Gerbang tol palimanan, Sumber : goodnewsfromindonesia.id
Gerbang tol palimanan, Sumber : goodnewsfromindonesia.id

7. Tol Semarang – Batang (Rest Area KM 391)

Rest area selanjutnya merupakan salah satu tempat pemberhentian yang populer dan menjadi favorit pengunjung, rest area tol ini kerap menimbulkan kemacetan. Beragamnya makanan yang dijual di rest area inilah yang membuatnya menarik. Beraneka ragam kuliner khas daerah Jawa Tengah banyak digemari oleh pengunjung. Rest area ini terletak di Kabupaten Kendal menuju arah ke Jakarta.

Rest area KM 391, Sumber : properti.kompas.com
Rest area KM 391, Sumber : properti.kompas.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai rekomendasi rest area terbaik Tol Trans Jawa untuk anda ketika akan pergi berlibur. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar tips memilih penginapan saat liburan atau informasi lainnya, anda dapat mengakses laman website Arundina Trans.