Museum atau ada juga yang menyebutnya musium merupakan tempat yang menyimpan benda bersejarah. Terkadang benda yang disimpan memiliki nilai yang tinggi baik itu nilai seni maupu nilai history. Karena itu sebagian museum di Jakarta dibuka untuk tujuan wisata. Daftar museum di Jakarta ada cukup banyak. Namun pada artikel ini kami akan mengulas sebagian.

Mengapa museum di rekomendasikan untuk di kunjungi? Tentu saja museum sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika mengadakan kegiatan wisata. Memang kegiatan wisata bersifat kegiatan bersenang-senang, namun tidak ada salahnya jika kegiatan bersenang-senang tersebut di selingi dengan pembelajaran, dan tempat pembelajaran paling direkomendasikan adalah museum.

Inilah daftar museum di Jakarta yang direkomendasikan untuk di kunjungi.

1. Museum Nasional Indonesia (Monas)

Museum ini berada di bangunan kawasan wisata Monumen Nasional, dan menampung koleksi bermacam benda bersejarah mulai dari arkeologi dan etnografi hingga numismatik dan geografi. Museum ini menawarkan wawasan tentang sejarah dan warisan budaya Indonesia. museum ini populer karena berada di bangunan yang merupakan landmark Jakarta yaitu Monumen Nasional.

Daftar Museum di Jakarta
Museum Bahari Jakarta. Sumber reservasi.com

2. Museum Art 1

Museum ini di masa lalu dikenal sebagai Mon Décor Gallery ketika dibuka pada tahun 1983. Pada 2011, terjadi perubahan konsep galeri seni rupa menjadi museum untuk memamerkan karya-karya yang dikumpulkannya selama beberapa dekade. Anda bisa menemukan beragam karya seni bernilai tinggi di museumm ini.

Saat ini museum art : 1 menampilkan deretan karya orisinil dari seniman master Indonesia, seniman pendatang baru, dan seniman internasional. Museum ini juga berkontribusi pada restorasi seni, konservasi, dan penilaian, dengan program reguler seminar, diskusi, dan lokakarya seni. Museum ini berlokasi di Jl. Rajawali Selatan Raya No 3 Jakarta.

3. Galeri Nasional Indonesia

Galeri nasional Indonesia menawarkan sejarah seni modern dan kontemporer yang ada di Indoneisa. Museum ini gratis untuk dikunjungi sehingga sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mengunjungi tempat menampung karya seni terbaik dengan biaya masuk yang hemat.

Berbagai pameran yang menyoroti karya seniman lokal dan internasional dalam seni pahat, lukisan, keramik, foto, dan banyak lagi bisa anda temukan disana. Selain pajangan yang memang sudah ada dari dulu, anda juga akan menemukan edisi terbatas dengan karya seni langka seperti koleksi lukisan dari istana presiden. Galeri Nasional beralamat di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat.

4. Museum Fatahillah

Museum ini terletak di kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Museum ini memiliki banyak nama, seperti Museum Sejarah Jakarta dan Museum Batavia. Bangunan museum Fatahillah menempati bekas gedung balai kota Batavia di masa lalu yang dibangun pada tahun 1710.

Karena bangunan ini adalah bekas milik pemerintah kolonial Belanda maka bangunan ini dibangun dengan gaya klasik renaisans Belanda. Bangunan ini menyimpan sejarah kelam sebagai tempat pemenjaraan bagi pejuang Indonesia yang lokasinya berada di bawah tanah..

Museum itu resmi dibuka pada tahun 1974 dan digunakan sebagai ruang untuk konservasi benda-benda budaya dan warisan dari masa lalu Jakarta. Berfokus pada era kolonial, koleksinya membawa anda kembali ke masa lalu dengan tatanan ruangan kaya furnitur bergaya Betawi abad ke-17 hingga ke-19. Selain berupa lukisan, keramik, dan senjata, benda-benda dari Perusahaan Hindia Belanda yang masih terasisa disimpan di museum ini.

Museum yang menggambarkan sejarah Jakarta di masa lalu ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

5. Museum Tekstil Jakarta

Jika anda ingin melihat produk tekstil dari berbagai penjuru Indonesia dan melihat sekilas budayanya yang berkaitan dengan tekstil, anda bisa mengunjungi museum Tekstil Jakarta. Anda bisa menemukan beragam koleksi dari batik, manik-manik, tenun ikat dan permadani hingga pakaian upacara di museum ini.

Berbagai produk tekstil ini menggunakan pewarna alami. Sebagian besar koleksinya terdiri dari sumbangan yang mengalir masuk sejak didirikan pada tahun 1976. Anda bisa mengikuti kelas membatik di museum ini. Di bagian luar museum ini juga terdapat taman yang menampung berbagai tumbuhan pewarna alami. Lokasi museum ini ada di Jalan Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Jakarta Barat.

6. Museum Bahari

Telusuri gudang rempah-rempah yang dibangun oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda pada tahun 1600-an untuk melihat sektor maritim Indonesia, dengan perahu tradisional dan barang-barang layar lainnya yang dipamerkan. Sayangnya, kebakaran listrik meletus di kompleks peninggalan pada Januari tahun ini dan menghancurkan lebih dari setengah dari koleksi yang tak ternilai, tetapi museum saat ini masih terbuka untuk umum untuk memamerkan apa yang telah diselamatkan dari kobaran api.

Di sinilah Anda dapat mempelajari informasi tentang industri perkapalan negara kepulauan, dengan pameran pembuatan kapal dan instrumen navigasi, serta patung lilin pelaut terkenal seperti Marco Polo, Cheng Ho, dan James Cook. Museum bahari berada di Jalan Pasar Ikan No. 1, Jakarta Utara.

7. Museum Bank Indonesia

Pada tahun 2009 Bank Indonesia mendirikan museum dengan tema pendidikan di sebuah gedung warisan kolonial di kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Melalui tampilan multimedia dan diorama, anda akan belajar tentang sejarah ekonomi, perdagangan, dan perkembangan moneter Indonesia. berbagai mata uang dari seluruh dunia juga ada di museum ini.

Museum ini memberikan gambaran sejarah manajemen keuangan di bank dari waktu ke waktu. Anda bisa mendaftar tur dengan bantuan pemandu, namun anda juga dibolehkan untuk menyusur museum ini tanpa disertai pemandu. Lokasi Museum Bank Indonesia ada di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat.

8. Museum Seni Rupa dan Keramik

Sebuah gedung Mahkamah Agung Pemerintah kolonial Belanda yang di bangun pada tahun 1870 dialihfungsikan menjadi museum Seni Rupa dan Keramik. Gedung dengan gaya Belanda yang megah tersebut masih berdiri kokoh dengan pilar-pilar yang menjulang tinggi, lantai marmer, dan tangga spiral mewah pada waktu itu.

Berbagai kerajinan keramik dan porselen langka dan kuno bisa anda temukan disini. Di Bangunan era kolonial ini juga memamerkan ratusan karya seni rupa dari tahun 1880-an hingga saat ini, termasuk karya nama-nama ternama Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi dan mahakarya seniman lainnya. museum ini ada di Jalan Pos Kota No. 2, Jakarta Barat.

9. Museum Kebangkitan Nasional

Bangunan tahun 1900-an bernama Stovia di rubah menjadi museum Kebangkitan Nasional yang menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan gerakan untuk meraih kemerdekaan. Awalnya Stovia adalah sekolah kedokteran kolonial.

Sebagai penghormatan terhadap usaha kebangkitan di masa lalu, museum ini memamerkan foto-foto lama, artefak sejarah, dan diorama yang menggambarkan kehidupan sehari-hari para siswa saat itu.  Anda bisa mengunjunginya di Jalan Dr. Abdul Rahman Saleh No. 26.

10. Museum Taman Prasasti

Ini mungkin museum yang paling unik karena museum ini berupa lahan pemakaman. Beberapa orang-orang terkemuka seperti aktivis pemuda Indonesia Soe Hok Gie dan Olivia Mariamne Raffles, istri pertama Sir Thomas Stamford Raffles, dimakamkan di lokasi ini. Pmeakaman bergaya gotik ini adalah kuburan eropa yang tertua di Jakarta. Pemakaman ini secara resmi dibuka pada 1797.

Museum luar ruangan itu menampung sisa-sisa kuburan. Namun meskipun mayat-mayatyang ada sudah di pindahkan, batu nisannya masih terawat dengan baik, yang menjadikannya tempat yang cukup fotogenik meskipun sedikit menakutkan. Lokasinya ada di Jl. Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat.

Daftar Museum di Jakarta
Museum bekas sekolahan Stovia. Sumber backpackerjakarta.com

11. Museum Wayang

Museum wayang menempati bangunan neo-renaisans yang dibuat pada tahun 1912. Di masa lalu bangunan ini adalah Museum Batavia, diresmikan menjadi Museum Wayang pada tahun 1975. Di dalam bangunan ini menampilkan ribuan ragam wayang dua dan tiga dimensi, termasuk yang dibuat dari kulit, kayu, daun kelapa, dan rumput dari Indonesia dan sekitarnya. Bagi anda yang tertarik untuk melihatnya bisa mengunjungi museum yang beralamat di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat.

Itulah beberapa daftar museum di Jakarta yang direkomendasikan untuk di kunjungi. Semoga aratikel dari website penyedia jasa sewa Elf di jakarta, ArundinaTrans.Com ini memberikan informasi bermanfaat untuk anda. Untuk mendapatkan transportasi nyaman, anda bisa mempercayakan kepada kami. Kami juga menyediakan berbagai jenis mobil lainya untuk disewakan.