Jakarta adalah kota penuh pesona dengan destinasi wisata bagi siapa saja. Banyak hal yang bisa dinikmati di kota yang paling penting di indonesia ini. Selain sebagai pusat fashion, jakarta juga menjadi barometer di segala bidang, mulai dari pendidikan, kuliner, tempat perbelanjaan, sampai wisata.

Sebagai kota wisata hampir di setiap sudut kota metropolitan ini memiliki obyek wisata dengan keistimewaan masing-masing. Mulai dari obyek wisata yang sudah amat tersohor, tak hanya di indonesia tapi juga mancanegara seperti taman mini indonesia.

Dunia Fantasi, sampai objek wisata yang masih tersembunyi tapi pantas dikunjungi. gedung 28 di kawasan Jakarta Selatan,misalnya, banyak yang tidak tahu keberadaannya. padahal Gedung 28 dapat mengajak pengunjung menjelajah dan mengenal lebih dalam kekayaan alam dan dan budaya Indonesia Timur.

Atau contoh lain sebut saja Museum Bank Indonesia yang menempati bekas gedung De Javasche Bank di Utara Jakarta. masih sedikit orang yang tau bahwa museum tersebut selain dapat memberi pengetahuan tentang sejarah mata uang Indonesiayang dihadirkan secara modern, kita dapat menikmati keindahan arsitektur gedungmuseum itu sendiriyang seblum menjadi BAnk merupakan bangunan rumah sakit bernama Binnen Hospital.

Sebagai kota wisata hampir di setiap sudut kota metropolitan ini memiliki obyek wisata dengan keistimewaan masing-masing.
Panorama destinasi alam, sumber: tokopedia.com

Tulisan ini menyajikan berbagai informasi objek wisata Jakarta yang disusun dan dikategorikan berdasarkan keistimewaannya. disusun dengan rinci untuk memudahkan pembaca terutama orang tuayang berniat mengajak anak-anak mereka di masa liburan atau akhir pekan atau liburan tanpa harus konsumtif namun edukatif. sebagai panduan tulisan ini bisa anda gunakan untuk mengajak siapa saja untuk menjelajah masa lalu sekaligus memperkaya pengetahuan tentang berbagai hal.

Destinasi Wisata di Ibukota

Terlepas dari segala kekurangannya sekarang ini (udara yang lagi tak segar, lalu lintas yang macet, angkutan umum yang tak aman dan nyaman), Jakarta rasanya masih sebuah kota yang indah dan unik, yang memiliki seribu satu daya tarik. Jakarta layak dijelajahi tak hanya oleh para pelancong asing dan wisatawan domestik dari berbagai daerah lain, tapi juga oleh warganya sendiri.

Baca juga: Tips memilih penginapan saat liburan

Berikut ini kami rangkum beberapa daftar destinasi di Ibukota recommended bagi anda yang senang berlibur menikmati tempat wisata yang indah sekaligus menjelajahi lokasi tertentu dengan nuansa tempo dulu.

Museum Nasional

Dikenal juga sebagai museum gajah. Disini kita bisa menelusuri informasi mengenai sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia sejak jaman prasejarah sampai sekarang melalui koleksi benda-benda etnografi dan artefak-artefak arkeologi.

Disini kita bisa menelusuri informasi mengenai sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia sejak jaman prasejarah sampai sekarang melalui koleksi benda-benda etnografi dan artefak-artefak arkeologi.
Ilustrasi museum nasional, sumber: jakartatraveller.com

Kawasan Kota Tua

Kawasan kali besar central business district (kawasan kali besar CBD) pada masa kolonial disebut sebagai De Groote Rivier (kali besar). Dulu muara sungai Ciliwung adalah jantung besar pada masa itu terdapat dermaga dan banyak bangunan tua dari abad ke 18 hingga awal abad ke 20. Dengan menyusuri kawasan ini, kita masih bisa melihat sisa-sisa bangunan dan jejak-jejak kejayaan masa lalu.

Pasar Baru

Pasar baru adalah salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jakarta. Bagi warga jakarta yang sudah berusia di atas setengah abad inilah pasar yang penuh nostalgia. Pasar baru pernah menjadi tempat belanja paling top sebelum datangnya zaman plaza dan mall. Pasar ini dibangun pada abad ke 19oleh komunitas cina yang tinggal disekitarnya. Hingga tahun 1970 an, tempat ini merupakan kawasan belanja populer dan tergolong elite.

Taman Impian Jaya Ancol

Taman impian jaya ancol (TIJA) adalah pusat rekreasi serba ada. Seribu satu kegiatan bersenang-senang dan menikmati libur akhir pekan bisa dilakukan di sana. Dari sekedar menginapdan bersantai di putri duyung cottage atau berkecipak di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan dasar laut di sea world, jalan-jalan di pasar seni sampai kegiatan uji nyali dan dunia fantasi.

Taman impian jaya ancol (TIJA) adalah pusat rekreasi serba ada. Seribu satu kegiatan bersenang-senang dan menikmati libur akhir pekan bisa dilakukan di sana.
Nampak atas taman impian jaya ancol, sumber: phm-hotels.com

Taman Mini Indonesia Indah

Taman mini indonesia indah merupakan miniatur indonesia. Disana pengunjung bisa mengenal lebih dekat budaya, kesenian, arsitektur, beserta ragam kehidupan suku bangsa di negeri kita dari sabang sampai merauke. Gambaran kekayaan kebudayaan suku bangsa di Indonesia diwujudkan dengan Anjungan Daerah dari sejumlah provinsi yang ada.

Demikian tulisan mengenai destinasi wisata menarik di Ibukota yang bisa Anda coba dan jadikan rujukan untuk berlibur di akhir pekan atau libur panjang ketika lebaran. Semoga tulisan ini bermanfaat. See you!