Salah satu destinasi wisata di Jakarta yang sudah populer sejak dulu adalah destinasi wisata TMII Jakarta timur. Destinasi wisata ini memberikan gambaran lengkap mengenai kebudayaan di seluruh Indonesia. biasa dibilang TMII Jakarta ini merupakan maket Indonesia dalam bentuk mini.

Untuk anda yang berwisata bersama keluarga di jakarta, anda bisa menyempatkan untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Untuk transportasinya, sebaiknya menggunakan jasa sewa kendaraan jika anda berwisata bersama kelaurga besar. Jasa sewa Elf di jakarta sangat kami rekomendasikan untuk urusan transportasi wisata di Jakarta jika anda berwisata dengan jumlah anggota keluarga yang banyak.

Meskipun anda bisa menggunakan transportasi umum, namun untuk kemudahan mobilitas dan kenyamanannya sebaiknya menyewa kendaraan saja. Pada artikel kali ini kami akan mengupas destinasi wisata TMII Jakarta timur. Silahkan dibaca.

Sejarah TMII

Pada tanggal 13 Maret 1970, Ibu Tien Soeharto yang pada waktu itu menjabat sebagai ibu negara Indonesia memiliki gagasan untuk mmembangun Taman Mini Indonesia ndah. Gagasan tersebut terbersit di benak Bu Tien karena beliau sering mengunjungi beberapa negara mendampingi Pak harto. Disana belau menemukan beragam destinasi wisata dan karena itu beliau bercita-cita membangun destinasi wisata dengan tema keindahan Indonesia.

Akhirnya TMII dibangun tahun 1972 dengan nama Proyek Miniatur “Indonesia Indah”, yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. Setelah berjalan tiga tahun, akhirnya TMII diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Akhirnya apa yang menjadi cita-cita Bu Tien pada waktu itu bisa terwujud sesuai dengan harapan beliau.

TMII Jakarta Timur
Rumah adat Sumatra Barat. Sumber IG @renny.cristiananasrullah

Kekayaan alam dan budaya Indonesia diperagakan di areal seluas 150 hektare. Dengan areal yang berbukit-bukit para perancang memanfaaatkan hal ini dengan membuat lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia yang sebenarnya.

Wahana Rekreas TMII Jakarta Timur

Ada banyak sekali wahana yang dibangun di TMII Jakarta timur ini. Selain cocok untuk keluarga, beberapa wahana di TMII ini bersifat edukatif. Karena itu selain daftar museum di jakarta, destinasi wisata ini bisa untuk aktifitas pembelajaran putra-putri anda yang masih sekolah.

1. Anjungan Daerah

Jika anda ke destinasi wisata ini, anda serasa mengelilingi Indonesia. Anjungan daerah menampilkan rumah ada khas masing-masing daerah di Indonesia. Bagaimana tidak, anda bisa replika mini kepulauan Indonesia. Pada masing-masing pulau tersebut terdapat Anjungan daerah yang dibangun secara berderet.

Disinilah anda akan mengenal beragam hasil kerajinan, pakaian adat, benda bersejarah dan peralatan seni dari setiap daerah. Wahana seperti ini sangat membantu menjadikan wisatawan yang mengunjungi TMII mendapatkan informasi mengenai kekayaan alam dan juga kebudayaan di Indonesia.

2. Taman Rekreasi

Taman Mini Indonesia Indah, sesuai dengan namanya menyajikan hiburan berupa taman. Beberapa taman tersebut ada yang bersifat sebagai taman peringatan atau monumental dan juga taman flora maupun fauna. Taman Flora terdiri atas Taman Kaktus, Legenda Keong Mas, Melati dan Apotik Hidup. Sedangkan Taman Fauna terdiri atas Taman Reftilia, Kupu, serta Taman Bekisar dan Burung. Taman monumental memperingati gerakan Non Blok dan keanggotaan APEC.

3. Kereta Gantung

Ingin melihat seluruh area TMII bisa langsung menumpang kereta gantung. Wahana ini merupakan wahana yang sering dicoba oleh wisatawan yang baru pertama kali masuk ke TMII. Dengan menaiki kereta gantung pengunjung dapat melihat deretan pulau – pulau mini Indonesia.

4. Perahu Angsa dan Sepeda Air

Selain menggunakan kereta gantung, anda bisa mengitari danau di TMII ini dengan mengendarai sepeda air atau perahu angsa. Persiapkan tenaga anda untuk mengayuhnya, karena anda harus mengayuh secara manual dua jenis kendaraan air tersebut. Meskipun melelahkan, namun aktifitas tersaebut sungguh mengasyikkan..

TMII juga menyediakan tiket angsa mesin bagi anda yang tidak mau capek mengayuh secara manual. Wahana ini sangat cocok digunakan untuk wisata keluarga. Anda akan dibawa mengitari danau dengan kendaraan bermesin dengan santai.

5. Theater Keong Emas

Teater IMAX Keong Emas ini sangat terkenal karena memiliki bentuk layaknya keong emas raksasa dan menjadi ikon dari Taman Mini Indonesia Indah. Pertunjukan film yang memiliki kecanggihan teknologi bisa ditonotn oleh wisatawan yang berkunjung. Dengan menggunakan proyektor IMAX modern, anda akan terpukau menyaksikan film disini.

6. Bird Park

Kubah raksasa dengan luas 6 hektar ini disebut dengan Bird Park atau taman burung.Taman ini ditata sesuai dengan pola persebaran 175 spesies burung. Dengan spesies yang begitu banyak, jumlah burung yang ada di taman ini sudah mencapai ribuan ekor. Sebagai tempat koleksi burung terbanyak di Indonesia, TMII sangat bagus dikunjungi oleh anda beserta putra-putri anda yang masih di usia sekolah.

7. Monorail

Mungin monorail pertama yang dibangun di Indonesia adalah monorail di TMII yang diberi nama Titihan Samirono. Wahana yang namanya diberikan oleh Presiden Soeharto ini menggunakan sistem SHS-20 Aeromovel Indonesia. Kendaraan ini merupakan wahana yang berjalan diatas jalan layang setinggi 6 meter dengan tenaga angin dan mampu menempuh kecepatan 20 km/jam.

8. Istana Anak Indonesia

Bangunan dengan gaya kerajaan negeri dongeng ini selalu diminati pengunjung dari kalangan anak-anak. Bangunan berwarna merah ini memang cukup unik dan jarang ditemukan bangunan sejenis di Indonesia. anda bisa mengajak putra putri anda masuk ke dalam untuk belajar dan bermain. Ada peralatan music diatonik, pentatonik, alat peraga IPTEK, dan alat permainan lain yang bersifat edukatif.

TMII Jakarta Timur
Istana anak Indonesia. Sumber IG @allisabil

9. Dunia Biota Air Tawar

Indoensia memang mengagumkan. Kaya akan sumber daya alamnya. Taman biota air tawar terbesar pertama di Asia dan kedua di dunia ternyata ada di Indoensia. Berbagai jenis ikan, kepiting, udang dan tanaman airada disini.

Selain itu reptil dan berbagai satwa air tawar lainnya dikoleksi disini hingga berjumlah 6000 ekor dari 126 spesies. Sejumlah fasilitas yang mendukung wahana seperti auditorium, perpustakaan, Lorong Gurame, museum, akuarium raksasa serta pojok reftilia dan ruang karatina ada di tama biota air tawar ini.

10. Snowbay Waterpark

Spot rekreasi ini memiliki permainan wahana air populer seperti Cool Running, Kids Pool, Kolam Ombak, Boombaster, Kolam Arus, Tots Pool dan Play Pool. Seperti namanya, wahana ini dirancang khusus bertemakan pegunungan salju yang nyaman dan menyenangkan serta berkelas dunia. Anda bisa memanjakan putra-putri anda di wahana ini. Wahana ini ternyata juga cocok untuk orang dewasa.