Jakarta yang merupakan kota tersibuk di Indonesia ternyata memiliki surga tersembunyi yang lokasinya jauh dari hiruk pikuknya aktivitas perkotaan. Destinasi wisata ini memang berada di pulau tersendiri bukan dari bagian pulau Jawa. Meskipun lokasinya ada di pulau tersendiri namun kepopulerannya tidak diragukan lagi bagi masyarakat ibukota. Mana lagi kalau bukan destinasi wisata Kepulauan Seribu yang berata di utara jakarta. Sehingga jika untuk berwisata ke Curug Cilember Bogor dirasa terlalu jauh, anda bisa memilih alternatif wisata ini.

Kepulauan Seribu menjadi sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sebelum menjadi kabupaten, wilayah Kepulauan Seribu merupakan salah satu kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara. Namun saat ini Kepulauan Seribu menjadi kabupaten tersendiri dengan lokasi administratifnya berupa gugusan kepulauan di teluk Jakarta.

Pulau Pramuka, salah satu gugusan Kepulauan Seribu menjadi pusat pemerintahan kabupaten ini sejak tahun 2003. Dengan membawahi dua Kecamatan yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu selalu berbenah dan berkembang menjadi tujuan wisata.

Pada artikel di bawah ini ArundinaTrans, penyedia jasa sewa Elf jakarta akan mengulas mengenai gugusan pulau di Kepulauan Seribu yang dijadikan obyek wisata. Simak ulasannya.

Wisata Kepulauan Seribu
Jembatan Kayu Kepulauan Seribu. Sumber Unsplash

Pulau Pramuka

Selain sebagai ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka memiliki destinasi wisata wisata edukasi berupa penangkaran penyu sisik yang langka. Konservasi penyu di Pulau Pramuka inilah yang banyak membuat wisatawan datang ke pulau ini. Mereka bisa melihat satwa laut yang dilindungi ini dari dekat.

Di Pulau Pramuka pengunjung bisa dengan menikmati wisata laut dengan berenang di perairan sekitar Pulau Pramuka dan snorkeling. Atau bisa juga berkeliing pulau dengan menyewa sepeda. Karena merupakan pulau yang menjadi pusat pemerintahan, maka pulau ini relatif ramai dan memiliki sarana wisata yang lengkap seperti penginapan, pondok bersantai, penyewaan alat snorkeling dan menyelam.

Pulau Ayer

Konon Presiden RI pertama, Ir. Soekarno sering pergi ke pulau ini untuk beristirahat dan menyegarkan pikirannya dari beban pekerjaan sebagai presiden pada waktu itu. Mungkin karena lokasinya yang tidak begitu jauh, dengan suasana tenang dan pemandangan laut yang indah menjadikan pulau ini menjadi pilihan liburan presiden Soekarno.

Pulau Ayer bisa menjadi alternatif liburan anda di jakarta karena lokasi pulau ini mudah dijangkau hanya berjarak sekitar 14 km dari dermaga di Pantai Marina, Ancol. Banyak dibangun cottage-cottage yan bisa disewa dengan bangunan di atas laut. Cottege-cottege ini dibangun di atas laut yang jernih dan biru. Bangunannya hampir mirip seperti rumah-rumah tradisional bergaya etnik Papua.

Pulau Bidadari

Seperti halnya pulau Ayer, Pulau Bidadari pada masa lampau konon di gunakan untuk berwisata Pangeran Jayakarta beserta keluarganya. Lokasinya juga cukup dekat dengan Jakarta sehingga jika anda mengunjungi pulau ini, anda masih bisa melihat berbagai gedung pencakar langit yang ada di jakarta. Selain itu tempat ini tak kalah indah dengan destinasi wisata ugusan pulau seribu lainnya. Anda bisa menikmati liburan di pulau ini dengan aktivitas berperahu menyusuri perairan sekitar pulau, atau snorkeling. Bisa juga dengan menikmati senja di pinggir laut.

Pulau Tidung

Wisata Kepulauan Seribu
Pulau Tidung di Kelupauan Seribu. Sumber Unsplash

Pulau Tidung memiliki tempat yang populer dikala berwisata yaitu sebuah jembatan yang disebut dengan Jembatan Cinta. Jembatan ini menghubungkan dua pulau di pulau tidung yakni pupau yang besar dengan yang kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu 800 meter panjangnya. Pulau ini adalah pulau yang paling banyak didatangi wisatawan dan merupakan pulau yang paling populer di antara deretan pulau di destinasi wisata kepulauan Seribu.

Anda bisa bermalam dengan menyewa penginapan yang banyak berdiri disana. Selain itu beragam aktifitas khas wisata kepulauan bisa anda nikmati seperti snorkeling, menyelam, dan berperahu kano menyusuri pantai. Untuk menuju Pulau Tidung, diperlukan waktu 3 jam menyeberang dengan menggunakan perahu atau kapal motor yang berangkat dari Dermaga Muara Angke.

Itulah ulasan mengenai destinasi wisata Kepulauan Seribu yang kami berikan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi bagi anda sehingga anda bisa mempertimbangkan wisata Kepulauan Seribu sebagai daftar kunjungan anda. Jangan lupa membaca artikel dari kami lainnya tentang tips perjalanan saat musim hujan. Terima kasih.