Berbagai perusahaan sewa mobil berlomba-lomba untuk menyediakan koleksi mobil mewah untuk melayani konsumennya. Meskipun terkadang konsumen yang menyewa kendaraan mewah tersebut adalah konsumen tertentu dan terbatas pada kalangan menengah ke atas, namun peluang ini tetap diambil. Salah satu kendaraan yang disediakan adalah mobil Toyota Vellfire yang sudah beredar i Indonesia.

Mobil Toyota Vellfire merupakan mobil MPV kelas premium yang diperkenalkan ke pasar otomotif Indonesia sejak 2014. Kendaraan mewah ini meyusul setelah kedatangan Toyota Alphard yang sudah terlebih dahulu masuk ke Indonesia. kedua kendaraan ini memang hanya dimiliki oleh kalangan menegah ke atas dan juga sebagai kendaraan dinas pejabat daerah.

Mobil Toyota Vellfire
Vellfire hampir sama dengan Aphard. Sumber Wikimedia

Toyota Velfire dan Alphard

Sebagai kendaraan premium yang hanya dimiliki kalangan tertentu maka antara Toyota Alphard dan Toyota Vellfire memiliki kesamaan yakni dibandrol dengan harga sekitar satu milyar. Meskipun sama sama mewah dan berharga fantastis, kedua kendaraan tersebut memiliki perbedaan.

Toyota Alpard memiliki karakter yang mewah dan elegan sedangkan Toyota Vellfire memiliki karakter yang mewah, dinamis, dan sporty. Meungkin pihal Toyota benar-benar ingin memberikan pilihan yang kebih banyak bagi konsumennya sehingga membuat dua varian produk berbeda.

Dimensi Mobil Toyota Vellfire

Sebagai kendaraan jenis MPV mewah, mobil Toyota vellfire memiliki dimensi yang berukuran 4930 x 1850 x 1895 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 3000 mm dan ground clearance  160 mm. Dengan ground clearance tersebut, tentu saja akan membuat mobil ini nyaman dikendarai di medan perkotaan dan termasuk jenis mobil yang nyaman untuk perjalanan jauh.

Suspensi MacPherson Strut with Torsion Bar pada bagian kaki depan dan Double Wishbone with Torsion Bar pada bagian belakang memiliki kemampuan handal dalam meredam setiap goncangan atau getaran ketika melalui medan jalan tidak rata sehingga penumpang akan tetap merasa nyaman. Jika anda berencana bepergian dengan nyaman dan memiliki dana berlebih, anda bisa menyewa kendaraan ini.

Eksterior Mobil Toyota Vellfire

Sekilas bentuk mobil Toyota vellfire dengan Akphard memiliki kesamaan namun pada headlamp, grill, foglamp, dan bumper memiliki perbedaan. Desain lampu belakang antara Alphard dan Vellfire memiliki kesamaan, hanya saja yang membedakan lampu Toyota Vellfire berwarna putih transparan sedangkan pada Alphard bewarna Merah. Penggunaan velg alloy dengan desain pilar yang banyak menambah kesan mewah pada kendaraan ini.

Kaca mobil MPV mewah ini memiliki berkualitas tinggi yang mampu meredam sinar ultraviolet sehingga akan nyaman jika berada di dalam kabin meskipun terkena paparan sinar matahari. Untuk mempermudah penumpang saat keluar masuk mobil, Toyota Vellfire dibekali dengan lima pintu, empat pintu berada di samping dan satunya lagi berada di belakang.

Interior Mobil Toyota Vellfire

Dengan Airbags-7 sebagai pelindung ketika terjadi kecelakaan atau benturan keras, kendaraan ini menyuguhkan keamanan maksimal disamping memberikan kenyamanan dan kemewahan. Majestic audio system yang bisa digunakan untuk kebutuhan entertainment dengan kualitas layar HD touchscreen terpasang di kendaraan ini.

Selain berfungsi sebagai hiburan saat berkendara, layar touchscreen ini juga digunakan untuk panel navigasi. Perangkat input suara musik yang sudah terintegrasi dengan 17 speaker berkualitas memberikan suasana seru saat berkendara.

Kenyamanan Berkendara

Kabin yang lumayan luas dan lega ini menjadikan penumpang menjadi lebih nyaman. AC, Layar monitor LED dengan beragam fitur hiburan berupa browser, sistem operasi, internet dan telepon ada di kendaraan ini. Semuanya disematkan pada monitor LED yang memungkinkan untuk bermain internet ataupun telephone saat di perjalanan.

Penataan jok untuk mengangkut penumpang sebanyak delapan orang tetap nyaman tanpa berdesak desakan. Tentu saja tempat duduk penumpang ini memiliki kualitas jok yang benar-benar fantastis. Selain empuk, kulit yang digunakan berkualitas tinggi.

Setiap bagian jok dilengkapi dengan handrest, headrest, dan footrest.Dengan demikian penumpang bisa menyandarkan kepala atau merubah osisi kaki jika mulai capek. Pada kursi barisan kedua bisa dimodifikasi maju mundur, untuk memperoleh ruangan yang lebih luas.

Ada juga kamera 360 derajat yang terpasang pada kendaraan ini. Kamera ini dapat menampilkan keempat sisi mobil yang dapat dilihat lewat monitor. Dengan demikian penumpang dapat mengetahui keadaan di sekitar kendaraan melalui laar monitor.

Mobil Toyota Vellfire
Interior Vellfire. Sumber toyotabharat.com

Mobil Toyota Vellfire juga menggunakan fitur keamanan yang memadai berupa keyless entry. Sistem pengemudi memakai EPS yang membuat mobil ini terasa ringan dikemudikan meski memiliki ukuran besar serta bobot yang berat. Untuk nilai kenyamanannya sekelas MPV, kendaraan ini sudah lebih dari cukup.

Dapur Pacu Toyota Vellfire

Sebagai kendaraan kelas MPV premium, Toyota velfire menggunakan mesin bensin 2500 cc. Dengan mengusung kode mesin 2AR-FE, 4 silinder 16 katup berteknologi DOHC dan VVT-i. Teknologi yang diusung kendaraan ini terbukti efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Tenaga maksimal yang mampu dikeluarkan sebesar 180 Ps pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan torsi masimalnya adalah 23,9 kgm pada putaran mesin 4100 rpm. Kapasitas tangki BBM sebanyak 75 liter bisa menggunakan bahan bakar Pertamax atau Pertamax Plus.

Itulah ulasan mengenai mobil Toyota Vellfire yang memilki perpaduan antara kenyamanan dan kemewahan. Bagi anda yang menginginkan untuk menyewa kendaraan jenis ini atau jenis kendaraan lainnya, anda bisa menghubungi ArundinaTrans yang merupakan penyedia jasa sewa Elf Jakarta. Anda akan mendapatkan harga yang bersaing.