Kawasan wisata Ancol yang merupakan surganya permainan dan juga wisata air menjadi lokasi yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika anda mengunjungi Jakarta. Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol sudah dirancang sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

PT Taman Impian Jaya Ancol mengelola kawasan pariwisata dan kegiatan usaha penunjang. Sedangkan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk mengelola area pariwisata terintegrasi seluas 552 Ha dengan kemudahan akses melalui jalan tol, busway dan kereta api. Meskipun anda bisa menggunakan transportasi umum, namun untuk mobilitas yang nyaman, anda juga bisa menyewa kendaraan wisata. Jasa sewa Elf Jakarta, ArundinaTrans merupakan salah satu jasa persewaan kendaraan wisata yang direkomendasikan.

Untuk berbagai wahana yang ditawarkan, anda bisa memilih sesuai kegemaran anda. Selain itu pastikan anda memilih wahana yang sesuai dengan usia anda. Inilah beberapa wahana yang tersedia.

Wisata Ancol
Oceanarium Ancol. Sumber Unsplash

1. Alive Star

Museum patung lilin yang terkenal di dunia yakni Museum Madame Tussauds saat ini ada yang dibuka di Indonesia. Meskipun bukan merupakan cabangnya, namun museum ini memiliki tema yang sama yaitu patung lilin tokoh dunia dan ada di Jakarta yakni kawasan wisata Ancol Jakarta Utara. Museum ini sudah ada sekitar akhir tahun 2015,

Destinasi wisata yang memiliki tema seperti Museum Madame Tussaud ini berada di Taman Impian Jaya Ancol dan bernama wahana Alive Star. Lebih dari 50 patung lilin tokoh-tokoh dunia ada disini mulai dari bintang Hollywood, K-Pop, superhero non-fiksi, sampai dengan tokoh-tokoh dunia lainnya seperti Presiden Obama, Prince William, atlet sepak bola dan sebagainya.

2. 3D Alive Museum

Wahana seru lainnya di Ancol adalah foto 3D. Lukisan 3D ini dibuat dan dibawa langsung dari Korea. Ada beberapa zona unik yang bisa anda jadikan spot foto 3D. Museum ini terletak di Ancol Beach City Lifestyle Mall lantai 3. Museum yang bernama Alive Museum Ancol ini merupakan cabang dari Alive Museum Korea Selatan yang juga terdapat di berbagai negara lain seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Cina, dan Istanbul.

Yang spesial di Alive Museum ini adalah lukisan 3D Monas, landmark kota Jakarta. Supaya hasil fotonya bagus dan tampak 3D-nya, harus diambil dari angle yang tepat dan pihak pengelola sudah menandai titik dimana harus mengambil gabar agar perspektif fotonya bagus.

3. Sea World Ancol

Kawasan destinasi wisata ini memberikan hiburan dan pendidikan bagi siapa saja terutama anak-anak tentang dunia laut. SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

Berbagai satwa tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka. Untuk menambah pengetahuan mengenai biota yang ditampilkan maka dilengkapi juga dengan label berisi informasi mengenai biota baik secara biologis maupun keunikannya.

Berbagai macam pertunjukan seperti aksi seru penyelam saat memberi makan binatang di akuarium utama juga ada. Ada juga aksi ikan duyung menyantap rumput laut dari tangan penyelam sampai keganasan belut kerondong berebut makanannya. Ada juga beberapa satwa masa purba yang diawetkan yang berasal dari laut dalam. Wahana ini sangat menarik dan mendidik.

4. Atlantis Water Adventure

Salah satu taman bermain air terbesar di Jakarta yang berada di kawasan Ancol adalah Atlantis Water Adventure.  Atlantis Water Adventures mengajak para pengunjung untuk merasakan petualangan ke Benua Atlantis yang hilang dengan mengarungi sembilan jenis kolam dan ragam permainan wahana yang seru dan juga menantang.

Atlantis Water Adventures memberi fasilitas berenang bagi pengunjung. Selain itu anda juga bisa menikmati berbagai wahana air yang seru dan menegangkan. Di Atlantis Water Adventures terdapat berbagai wahana yang sangat cocok untuk segala usia, anda tinggal memilih mana yang anda sukai. Atlantis Water Adventures yang dahulu bernama Gelanggang Renang Ancol sudah lama dibangun. Wahana ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 28 Juni 1974 dengan luas areal 7 hektar.

5. Aqua Fun Jakarta Utara

Wahana Aqua Fun yang merupakan wahana baru di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, ini adalah sebuah area permainan di tengah laut yang akan menguji keseimbangan dan keberanian anda. Wahana Aqua Fun ini dibuat dari balon karet khusus yang ditata secara unik. Nuansa ceria dan segar pada wahana tersebut sangat menarik di padu dengan aksi mendebarkan dan seru.

Anda melalui permainan tersebut ditantang untuk berlari dari satu titik ke titik lainnya. Arena yang licin dan penuh hambatan berpotensi besar membuat pengunjung terpeleset dan jatuh ke dalam air. Cukup menarik bukan?

6. Ocean Dream Samudra Ancol

Ocean Dream Samudra merupakan Edutainment Theme Park bernuansa konservasi laut yang memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat aneka satwa. Destinasi wisata yang dulunya dikenal dengan nama Gelanggang Samudra Ancol ini menjadi tempat konservasi berbagai satwa air khususnya lumba-lumba. Satwa tersebut juga dilatih untuk pertunjukan. Untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan satwa terlatih ini akan dikenakan biaya tiket masuk.

Wisata Ancol
Lumba-lumpa merupakan hewan untuk pertunjukan. Sumber Unsplash

Unit oceanarium terbesar yang terdiri dari pentas lumba-lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa, peragaan satwa, akuarium ikan laut dan tawar ini sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu terdapat pula taman yang menjadi habitat beraneka macam burung. Tempat ini menjadi pusat studi konservasi lumba-lumba karena memiliki manajemen penelitian lumba-lumba yang paling lengkap, meliputi kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer dan keeper, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium dan dokter hewan.

Itulah u;asan mengenai wisata Ancol Jakarta yang bisa menjadi tujuan liburan bagi anda dan keluarga. Anda bisa memilih beragam wahana yang tersedia. Lokasinya juga cukup muda di jangkau, yaitu di kawasan Jakarta Utara yang merupakan lokasi yang berdekatan dengan destinasi wisata Kepulauan Seribu. Semoga artikel ini memberikan anda wawasan mengenai destinasi wisata di Jakarta. Terima kasih.